Gugatan Praperadilan Dikabulkan, Status Tersangka Ketua DPRD Samosir Gugur

Gugatan praperadilan atas penetapan tersangka Saut Martua Tamba, Ketua DPRD Samosir, dikabulkan Pengadilan Negeri (PN) Balige, Toba Samosir.

Gugatan Praperadilan Dikabulkan, Status Tersangka Ketua DPRD Samosir Gugur
Facebook
Ketua DPRD Samosir Saut Martua Tamba 

Gugatan Praperadilan Ketua DPRD Samosir Dikabulkan, Status Tersangka Gugur Otomatis

Laporan Wartawan Tribun Medan, Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR - Gugatan praperadilan atas penetapan tersangka Saut Martua Tamba, Ketua DPRD Samosir, dikabulkan Pengadilan Negeri (PN) Balige, Toba Samosir.

“Permohonan kita telah dikabulkan pengadilan, dengan sendirinya status tersangka Saut Martua Tamba gugur dengan otomatis,” ujar Rion Aritonang, kuasa hukum Saut, di Samosir, Rabu (15/1/2020).

Sebelumnya Saut ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Samosir dalam kasus pengancaman pembunuhan terhadap Kades Tamba Dolok, Kecamatan Sitio-tio, Kabupaten Samosir, pada April 2019.

Saut kemudian menempuh jalur praperadilan di PN Balige. Alasannya, penetapan tersangka Saut diyakini janggal, termasuk saat gelar perkara tidak ada tanda tangan Wakapolres Samosir sebagai peserta gelar perkara.

Permohonan gugatan praperadilan itu dikabulkan PN Balige.

"Semua keputusan hakim tunggal yang menyidangkan praperadilan, mengabulkan seluruh permohonan Saut Martua Tamba setelah beberapa kali disidangkan," ujar Rion.

Rion pun memberikan apresiasi atas penegakan hukum oleh PN Balige yang mengabulkan permohonan praperadilan untuk seluruhnya. Kemudian menyatakan surat penetapan tersangka atas nama Saut Martua Tamba tidak sah dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat.

"Hakim telah menyatakan penetapan tersangka atas diri pemohon yang dilakukan oleh termohon adalah tidak sah dan menyatakan pasal yang disangkakan terhadap perkara tindak pidana pengancaman sebagaimana diatur dalam Pasal 335 Ayat 1 KUHP tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat," ujarnya lagi.

Halaman
12
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved