Jaringan Narkoba Internasional Digulung

Kapolda Tegaskan 6 Tersangka Jaringan Narkotika Internasional Akan Dijerat Pasal Hukuman Mati

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin bahwa total tersangka berjumlah 7 orang, di mana satu orang ditembak mati karena menyerang petugas.

TRIBUN MEDAN / Victory Hutauruk
Tim Ditresnarkoba Polda Sumut berhasil menggulung dua jaringan narkotika internasional Malaysia dengan barang bukti 22,52 kg sabu dan 11 ribu pil ekstasi. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepolisian Daerah Sumatera Utara berhasil membongkar 2 jaringan narkotika internasional Malaysia dengan barang bukti 22,52 kg sabu dan 11 ribu pil ekstasi.

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin bahwa total tersangka berjumlah 7 orang, di mana satu orang ditembak mati karena menyerang petugas dan mencoba melarikan diri.

Martuani menegaskan bahwa para pelaku akan dijerat dengan pasal yang paling berat.

"Kita pastikan para pelaku ini akan kita jerat dengan pasal paling berat, dengan ancaman hukuman mati hingga penjara seumur hidup. Karena perbuatan mereka sangat membahayakan nasib generasi muda di Sumut," tegasnya saat konfrensi pers di RS Bhayangkara, Medan, Senin (9/3/2020).

Mantan Kapolda Papua ini menegaskan para tersangka akan dijerat pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 122 ayat 2 junto Pasal 132 ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Adapun tersangka jaringan Malaysia-Riau-Tabagsel adalah Ridwan Toha Sinaga alias Duan dan Feri Agus Jaya Nainggolan alias Feri.

Sedangkan 5 tersangka lainnya dari Jaringan Malaysia-Aceh-Medan, yaitu tersangka yang ditembak mati bernama Zulkifli warga Aceh. Lalu tersangka Muhajir alias MR, Muammar Juanda (MJ), Syarifuddin alias Adin, dan Muhammad Yendra (MY).

"Kedua jaringan ini ditangkap di dua TKP berbeda, untuk sindikat Malaysia-Riau-Tabagsel diamankan 5,74 kilogram sabu. Dimana awalnya pada 22 Februari 2020 di Jalan Lintas Barat Lopian Tapteng ditangkap tersangka Ridwan Toha dengan barang bukti 1 kg sabu di dalam ransel," tutur Martuani.

Selanjutnya, dari interogasi tersangka diamankan satu tersangka lainnya di Dusun I Desa Padang Meninjau, Labuhan Batu Utara bernama Feri Agus Jaya Nainggolan dengan Barang Bukti 4,74 kg sabu.

"Modus tersangka menyimpan di dalam kardus di dalam rumahnya," tutur Martuani.

Halaman
12
Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved