Arab Saudi Kirim Surat soal Ibadah Haji Terkait Virus Corona, Kemenag Sumut: Persiapan Tetap Jalan

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Kemenag Sumut) memastikan persiapan pelaksanaan ibadah haji 1441 H tetap berjalan.

AP PHOTO / MOSA'AB ELSHAMY
Umat Islam melakukan tawaf atau berjalan mengelilingi Kakbah di Masjidil Haram, kota suci Mekah, Saudi Arabia, 20 September 2015. Tawaf dilakukan sebagai bagian dari rangkaian ibadah haji. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Liska Rahayu

TRIBUN-MEDAN.Com, MEDAN - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Kemenag Sumut) memastikan persiapan pelaksanaan ibadah haji 1441 H tetap berjalan.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumut Iwan Zulhami mengatakan, pihaknya masih menunggu surat edaran atau instruksi dari Menteri Agama terkait penundaan pelaksanaan ibadah haji 1441 H karena virus Covid-19.

"Kami tentu menunggu surat edaran dari Pak Menteri Agama, mungkin nanti juga dari Dirjen Haji. Persiapan-persiapan kami di Sumut untuk pelaksanaan haji ini masih berjalan normal," katanya saat dihubungi, Kamis (19/3/2020).

Iwan menjelaskan, calon petugas yang akan menyertai jemaah haji pun saat ini masih dalam pelatihan. Kemudian selanjutnya juga akan turun peraturan presiden mengenai pelunasan biaya ibadah haji.

"Tentang nanti penundaan atau hal-hal lain, atau kemungkinan tidak ada pelaksanaan ibadah haji tentu kami menunggu keputusan dari Menteri Agama," ujarnya.

Saat ini pihaknya pun belum memberikan instruksi khusus atau surat edaran kepada jemaah melalui Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Kemenag Sumut masih akan menunggu surat edaran menteri agama untuk instruksi selanjutnya.

"Ada nanti dari menteri agama, baru kita sosialisasikan, kita sampaikan kepada jemaah khusus nya mungkin melalui KBIH," ucapnya.

Sementara Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Nizar Ali memastikan persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2020 terus berjalan di tengah wabah virus corona atau covid-19.

Bahkan, mulai Kamis (19/3/2020) ini, pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (BIPIH) telah dibuka, dan akan ditutup pada 17 April mendatang.

Halaman
123
Penulis: Liska Rahayu
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved