Jawaban Anies Baswedan, Terjadi Perbedaan Data Covid-19 DKI Jakarta dengan Pemerintah Pusat

Anies Baswedan menyatakan, pihaknya mengedepankan tiga prinsip dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait wabah virus corona (Covid-19) di

Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Penyemprotan kapal pandu dengan disinfektan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara untuk mencegah penyebaran virus corona. Jumlah pasien positif virus corona terus bertabmah di Jakarta. Jumlah tersebut bisa berbeda dengan data pemerintah pusat lantaran Pemprov DKI mempunyai tiga prinsip terkait pemberitaan virus corona tersebut. 

TRI BUN-MEDAN.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, pihaknya mengedepankan tiga prinsip dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait wabah virus corona (Covid-19) di wilayahnya.

Hal ini dikatakan Anies untuk menyikapi adanya perbedaan data pasien positif maupun meninggal dunia akibat wabah corona dengan pemerintah pusat di wilayah DKI Jakarta.

“Kami dari Jakarta sejak awal menerapkan tiga prinsip, yaitu transparansi, urgency (mendesak) karena sadar bahwa ini harus langkah sigap-cepat, ketiga adalah faktual,” kata Anies di Balai Kota DKI Jumat (20/3/2020) malam.

Menurut Anies, pesan yang disampaikan DKI Jakarta kepada masyarkat berdasarkan fakta yang ada.

Bahkan pendataan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta itu kemudian diteruskan kepada Kementerian Kesehatan RI.

“Kami sampaikan apa adanya dan apa yang kami sampaikan adalah juga yang diteruskan oleh laporan resmi dari Dinkes kepada Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

Data berbeda

Hingga Jumat (20/3/2020) pukul 17.00, Pemprov DKI Jakarta mencatat ada 224 orang yang positif terinfeksi corona, 13 orang dinyatakan sembuh dan 20 orang dinyatakan meninggal dunia.

Sementara berdasarkan pendataan pemerintah pusat, jumlah sampai Jumat (20/3/2020) pukul 16.02, ada 215 orang positif corona, 14 dinyatakan sembuh dan 18 orang dinyatakan meninggal dunia.

25 Petugas medis positif virus corona

Halaman
1234
Editor: Azis Husein Hasibuan
Sumber: Warta kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved