Sabun Cuci Piring pun Bisa Jadi Pengganti Hand Sanitizer, Tempo 3 Menit Virus Corona Akan Hancur

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Sumut, Aris Yudhariansyah, angkat bicara soal kepanikan masyarakat yang tidak memiliki hand sanitizer

Tribun-Medan.com/Maurits Pardosi
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Sumatera Utara, dr Aris Yudhariansyah menyampaikan info terbaru seputar Covid-19 di wilayah Sumatera Utara pada Minggu (29/3/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Sumatera Utara, dr Aris Yudhariansyah, angkat bicara soal kepanikan masyarakat yang tidak memiliki hand sanitizer.

dr Aris mengungkapkan bahwa sabun biasa, atau bahkan sabun cuci piring pun bisa digunakan sebagai pengganti hand sanitizer.

Jadi, bagi masyarakat yang tidak memiliki hand sanitizer tak perlu risau.

Aris menyampaikan, kelemahan virus, secara khusus virus Corona atau Covid-19, adalah sabun.

"Kelemahan virus, secara khusus Covid-19 adalah sabun. Kalau tidak hand sanitizer, pakai sabun saja, bahkan sabun cuci piring pun bisa digunakan. Dalam waktu tiga sampai lima menit, virus akan mati," terangnya saat livestreaming update info terkait Covid-19 di Wilayah Sumatera Utara pada Minggu (29/3/2020).

Karena itulah, Aris mengimbau masyarakat tak perlu panik hanya karena tidak memiliki hand sanitizer ataupun masker, yang kini langka dan mahal di pasaran.

Aris mengajak masyarakat sebaiknya berupaya menjaga antibodi sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19.

"Pentingnya saat ini agar lebih sadar bahwa perlunya antibodi dalam tubuh. Orang saat ini lebih panik tidak memiliki masker dan hand sanitizer yang hilang di pasaran. Harusnya lebih panik kalau antibodi hilang di tubuh," ujarnya.

Alasan utama untuk tetap menjaga antibodi adalah kehadiran virus tidak bisa dihindari.

Di sisi lain, virus hanya bisa dikalahkan antibodi.

Halaman
1234
Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved