Breaking News:

Napi di Sumut Bebas

Lapas Siantar Sudah Bebaskan 67 Napi Dalam Dua Hari Terakhir, 300-an Lainnya Akan Menyusul

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Pematangsiantar membebaskan 67 orang narapidana dalam dua hari terakhir, Rabu-Kamis (1-2/4/2020).

TRIBUN MEDAN / ist
Proses pembinaan kepada para narapidana yang akan menjalani pembebasan 

Laporan Wartawan Tri bun Medan/Alija Magribi

TRI BUN-MEDAN.com, PEMATANGSIANTAR - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Pematangsiantar membebaskan 67 orang narapidana dalam dua hari terakhir, Rabu-Kamis (1-2/4/2020).

Pembebasan narapidana ini berlangsung dalam momen pencegahan Pandemi Convid-19 di seluruh Indonesia.

Kalapas Porman Siregar melalui Kepala Seksi Bimbingan Napi dan Anak Didik (Kasi Binadik) Auliya Fahmi kepada wartawan mengatakan, pada tahap pertama Rabu (1/4/2020). Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Pematangsiantar membebaskan 26 narapidana dewasa dan anak.

"Pembebasan para napi dewasa dan anak sesuai Permenkumham No.10 tahun 2020 dan juga Kepmenkumham No.M.HH-19.PK.01.04:04 Tahun 2020 tentang pemberian asimilasi dan hak integrasi bagi narapidana dewasa dan anak dalam rangka pencegahan dan penanggulan Corona virus disease 19 (Covid-19) di penjara," katanya

Untuk data selengkapnya, pihak Lapas akan mendata setiap narapidana yang telah memenuhi syarat dan petunjuk Permenkumham tersebut.

Aulya juga mengatakan Lapas Pematangsiantar akan fokus melakukan pembebasan dalam seminggu ini.

"Untuk seminggu ini, kita prioritaskan bagi napi yang telah menjalani setengah masa pemidanaan sesuai Permenkumham. Selanjutnya kami akan terus mendata para napi yang akan dibebaskan", jelas Fahmi didampingi Humas Hiras Silalahi.

Pembebasan para narapidana kategori tindak pidana umum, di antaranya narkotika di bawah 5 tahun dan tindak pidana umum lainnya yang sudah menjalani lebih dari setengah masa hukuman. Para napi kategori dimaksud akan disegerakan asimilasinya di rumah sembari menunggu SK Pembebasan Bersyarat (PB) atau Cuti Bersyarat (CB).

Sesuai data yang ada, sebanyak 26 narapidana yang dibebaskan hari Rabu kemarin termasuk dalam kategori tindak pidana umum.

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved