Perkembangan Terbaru Corona di Sumut

Seorang Anggota DPRD Sumut dan Istri Dirujuk ke Rumah Sakit Medan Hasil Rapid Test Positif Covid-19

Harusnya tanggal 1 April 2020 beliau datang, tapi baru datang lagi pada Senin, 6 April bersama istrinya yang lagi demam

TRI BUN MEDAN/Mustaqim Indra Jaya
Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19, Rahmat Hidayat Siregar (tengah) menyampaikan kondisi terkini mengenai covid-19 di bumi Ramabate Rata Raya itu pada Selasa (7/4/2020). Dua orang warga Asahan dinyatakan PDP dan telah dirujuk ke RS Martha Friska, Medan sejak tadi malam. 

Dirujuk ke Rumah Sakit Medan

Anggota DPRD Sumut, ES dan istri NS yang sebelumnya menjalani karantina mandiri sejak 16 Maret 2020 lalu karena memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Martha Friska, Medan pada Senin (6/4/2020) malam.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan, Rahmat Hidayat Siregar menyatakan setelah dua pekan menjalani karantina mandiri, ES kemudian mendatangi RSUD H Abdul Manan Simatupang, Kisaran untuk melakukan pengecekan lanjutan.

Kemudian dilakukan uji rapid test dan hasilnya dinyatakan bahwa ES dan istrinya dinyatakan PDP Covid-19.

"Harusnya tanggal 1 April 2020 beliau datang, tapi baru datang lagi pada Senin, 6 April bersama istrinya yang lagi demam. Dilakukan rapid test terhadap keduanya, hasilnya positif PDP, hanya saja keakuratannya 80 persen," kata Rahmat, Selasa (7/4/2020).

Atas dasar itu, maka pada pukul 23.00 WIB tim medis merujuk keduanya ke Medan untuk dilakukan uji swap.

"Beliau dinyatakan positif covid-19 atau tidak, itu hak dokter rumah sakit Martha Friska setelah dilakukan uji swap. Hasil uji swap itu baru keluar satu minggu setelahnya," jelasnya.

Tambah Rahmat, tim gugus tugas sejak tadi malam telah bergerak ke kediaman ES dan NS yang berada di Jalan Perintis Dusun 19, Desa Simpang Empat, Kecamatam Simpang Empat, Kabupaten Asahan untuk melakukan sterilisasi.

"Untuk pencegahan, tadi malam tim gugus tugas bergerak cepat ke rumah beliau dan sekitarnya dan telah dilakukan penyemprotan disinfektan," ungkapnya.

Sementara data saat ini di Kabupaten Asahan terdapat 105 ODP dan 2 orang lainya bestatus PDP.

Halaman
1234
Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved