Breaking News:

Ramadhan 2020

Empat Tahun Ramadan di Irlandia, Mildka Kangen Lemang dan Mi Gomak Khas Berbuka Puasa ala Medan

Mildka menuturkan tidak dapat lepas dari lemang dan mi gomak yang kini hanya dapat ia rindukan atau konsumsi saat berada di Indonesia.

TRIBUN MEDAN/HO
DOKUMENTASI berbuka puasa Mildka bersama suami di Irlandia. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Makanan khas berbuka memang yang paling ditunggu masyarakat di bulan Ramadan.

Berbeda dengan masyarakat di Indonesia yang begitu mudah menemui makanan berbuka, Mildka Silviana Manurung Gray yang kini menetap di Dublin, Irlandia sulit menemukan makanan khas Indonesia.

Mildka menetap bersama suami yang juga bekerja di Irlandia sejak tahun 2017.

Bagi Mildka, jalani Ramadan di negeri orang dengan tanah air begitu terasa secara signifikan.

"Perbedaannya sangat signifikan. Indonesia euforianya bagus. Masyarakat sangat antusias. Kita bisa rasakan perbedaan hari biasa dan Ramadan. Di sini tidak ada euforia seperti jualan berbuka, perayaan Ramadan, atau orang yang pergi asmara subuh atau sahur. Tidak ada yang spesial," ungkap Mildka, Senin (4/5/2020).

Mildka menuturkan bahwa gema takbir begitu ia rindukan selama tinggal di Irlandia.

Ia mengungkapkan bahwa masjid di Irlandia tidak boleh membuat suara besar, begitu juga dengan rumah ibadah lainnya.

"Paling rindu suara gema takbir. Kalau dengarnya itu damai. Di sini masjid tidak boleh membuat suara yang dapat mengganggu warga sekitar. Gereja juga, kuil juga. Jadi yang dirindukan suara gema takbir dan asmara subuh pas menunggu waktu berbuka. Apalagi bukber," tuturnya.

Selama jalani Ramadan di Indonesia, Mildka menuturkan tidak dapat lepas dari lemang dan mi gomak yang kini hanya dapat ia rindukan atau konsumsi saat berada di Indonesia.

"Makanan favorit aku suka banget lemang dan mi gomak dan bubur kacang hijau yang sangat aku rindukan yang tidak boleh terlewatkan. Hampir berpuasa di Indonesia, pas lagi mudik selalu ada lemang, dari kecil juga makan pakai lemang," jelas Mildka.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved