Breaking News:

Update Covid19 Sumut 7 Mei 2020

Dairi Nihil Kasus Baru Covid-19, Tiga Pasien di RSUD Sidikalang Negatif Corona

Angka kasus Covid-19 di Kabupaten Dairi terus menurun. Bahkan, belakangan belum ada kasus baru

TRIBUN MEDAN/DOHU
JURU Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi, Edison Damanik. 

TRI BUN-MEDAN.COM, DAIRI - Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi, dr Edison Damanik mengatakan, Kabupaten Dairi telah berubah statusnya dari Zona Kuning menjadi Zona Hijau penyebaran wabah Covid-19.

Menurut Edison, penurunan status zonasi tersebut disebabkan turunnya jumlah kasus pasien Corona.

"Angka kasus Covid-19 di Kabupaten Dairi terus menurun. Bahkan, belakangan belum ada kasus baru," ungkap Edison saat dihubungi via seluler, Kamis (7/5/2020) siang.

Ia menyebut, kasus positif Covid-19 di Dairi, untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah delapan orang, Orang Tanpa Gejala (OTG) nihil, Pelaku Perjalanan (PP) sekitar 30 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) satu orang, dan pasien positif nihil.

"Semua ODP menjalani isolasi mandiri, sedangkan PP diisolasi di rumah singgah," beber Edison seraya buru-buru mengakhiri pembicaraan.

Sebagai informasi, ada tiga pasien masuk RSUD Sidikalang baru-baru ini karena mengalami demam.

Mencuat isu, ketiganya merupakan pasien Covid-19.

25 Siswa PKL asal Sidikalang yang Pulang dari Medan Dicekal Masuk Dairi

Ketiga pasien tersebut berinisial AM (15) asal Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, kemudian SS (34) dan ICK (15), masing-masing asal Kecamatan Sidikalang dan Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Kabupaten Dairi.

Ketua Pokja Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi, Rahmatsyah Munthe mengatakan, ketiga pasien tersebut telah ditangani dan dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan hasil Rapid Test.

"Dari Rapid Test yang telah dilakukan terhadap ketiga pasien tersebut, hasilnya semua non-reaktif alias negatif Covid-19. Ketiga orang ini berstatus ODP," ujar Rahmat, yang dikonfirmasi via seluler hari yang sama.

Rahmat mengatakan, pasien AM dan SS kini menjalani isolasi mandiri. Sementara, pasien ICK telah dirujuk ke RSUP H Adam Malik Medan guna mendapatkan penanganan medis yang lebih baik daripada RSUD Sidikalang atas keluhan yang dideritanya.

Kendati Dairi sudah Zona Hijau,Pemkab Dairi, lanjut Rahmat, mengimbau masyarakat Dairi untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan, seperti jaga jarak dengan sesama, tidak berkerumun dan menjauhi kerumunan, senantiasa mengenakan masker, dan berperilaku hidup bersih dan sehat.

Selain itu, warga diminta proaktif melapor kepada petugas kesehatan jika baru bepergian dari daerah Zona Merah Covid-19 atau luar negeri, serta melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

"Warga Dairi belum bisa senang dulu, karena Covid-19 belum sepenuhnya lenyap dari Tanah Air. Untuk itu, tetap patuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, guna memutus rantai penyebaran virus Corona di Bumi Sulang Silima yang kita cintai ini," pungkas Rahmat. (cr16/tri bun-medan.com)

Penulis: Dohu Lase
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved