Breaking News:

Ramadhan 2020

Cegah Corona, Masjid Al Istiqamah Tiadakan Tarawih, Tadarus, dan Berbuka Berssama Selama Ramadan

Tidak hanya salat tarawih dan tadarus, masjid Al Istiqamah juga tidak mengadakan salat Jumat berjamaah.

TRIBUN MEDAN/RECHTIN
MASJIDAl Istiqamah yang terletak di Jalan Dr Mansyur Medan. Masjid yang berdiri tahun 1991 ini menerapkan sepenuhnya arahan protokol kesehatan dari pemerintah dengan meniadakan kegiatan salat Jumat, tarawih, tadarus, dan kegiatan lainnya selama Ramadan di masa pandemi ini. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Perbedaan Ramadan yang harus dilewati di masa pandemi covid-19 sangat terasa di beberapa masjid di Kota Medan.

Meskipun beberapa masjid masih tetap melaksanakan kegiatan seperti biasa, jumlah jamaah yang hadir di masjid tentu tidak lagi sama banyaknya seperti sebelum ada wabah pandemi.

Hal ini juga terlihat di Masjid Al Istiqamah yang terletak di Jalan Dr. Mansyur No.155, Sei Sikambing B, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan.

Berbeda dengan beberapa masjid lainnya yang masih mengadakan berbagai kegiatan selama Ramadan, Masjid Al Istiqamah memilih untuk meniadakan kegiatan untuk sementara selama masa pandemi covid-19.

Perwakilan Badan Kenaziran Masjid Al Istiqamah, Akmalul Ikhsan mengatakan bahwa pihak pengurus masjid mendukung penuh usaha pemerintah dalam mencegah penularan virus corona sehingga memilih untuk tidak mengadakan kegiatan di masjid selama ramadan.

Termasuk salat tarawih, tadarus, pengajian rutin, ataupun buka puasa bersama.

"Kami benar-benar menerapkan arahan untuk di rumah saja demi memutus rantai penularan wabah Covid-19 ini, jadi kegiatan di masjid untuk sementara waktu ditiadakan kecuali penerimaan zakat," ungkap Akmalul saat diwawancarai Tribun Medan, Minggu (10/5/2020).

Dalam rangka mensosialisasikan kebijakan ini, terangnya, pihak BKM menyebar flyer atau selebaran melalui grup whatsapp pengurus masjid dan menyebarkan nya kepada para jamaah.

Pada awal Ramadan juga dipasang spanduk di depan masjid yang bertuliskan bahwa masjid tidak melaksanakan salat tarawih.

"Pada saat menjelang Ramadan semua sudah kita sampaikan berikut alasannya, rasionalisasinya, supaya jamaah dan seluruh pihak BKM juga bisa menerima kebijakan yang diambil," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved