UPDATE Covid19 Sumut 10 Mei 2020

Dosen USU Kembangkan Air Berkalsium Organik, Hambat Penyebaran Virus Corona di Paru-paru

Peranan ion Kalsium Organik tersebut jika dikonsumsi dapat menginduksi enzim Serotonin N-Acethyltransferase (NAT).

TRIBUN MEDAN/HO
INNOVATOR Dara Aisyah (kiri), inventor M Sontang Sihotang (tengah) dan pakar Biokimia Kedokteran Harliansyah (kanan). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Setelah berhasil membuat berbagai inovasi yang berasal dari kalsium organik, kini Muhammad Sontang Sihotang kembali berinovasi menghasilkan produk yang berguna untuk proses pencerahan maupun penyembuhan pasien virus Corona atau Covid-19.

Produk Inovasi Air ion Kalsium Organik yang ditemukan dosen (peneliti) dan Pengembang (R&D/C) Prototipe Produk-produk pesisir menuju Produk Komersial Program Studi (Prodi) Fisika FMIPA Universitas Sumatera Utara (USU) ini, ternyata berpotensi dalam mencegah proses infeksi Coronavirus (Covid-19) di dalam tubuh.

Hal itu dikemukakan oleh Peneliti Biomedik dari Bagian Biokimia Fakultas Kedokteran Universitas YARSI/Prodi Magister Biomedik Universitas Yarsi - Jakarta, Harliansyah dalam percakapan via selular dengan Muhammad Sontang Sihotang.

Menurut Harliansyah, peranan ion Kalsium Organik tersebut jika dikonsumsi dapat menginduksi enzim Serotonin N-Acethyltransferase (NAT), yakni suatu enzim penentu pada jalur biosintesa Melatonin.

Secara biokimia, aktivitas enzim NAT sangat tergantung pada masuknya ion Ca2+ melalui transpor membran dari reseptor Kalsium (Ca). Selanjutnya Melatonin yang merupakan molekul “Serbaguna” ini dapat berperan penting dalam mengatur berbagai fungsi tubuh seperti; regulasi ritme sirkardian, jam tidur, meningkatkan imunoregulator serta bersifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Beda Nominal Bantuan Bagi Warga Terdampak Corona, Jabar Rp 500 Ribu, Sumut Rp 225 Ribu

Oleh karena itu fungsi melatonin dalam menghambat infeksi virus sangat efektif.

"Fungsi Hormon Melatonin juga sangat optimal dalam menghambat infeksi Covid-19 di dalam tubuh terutama di bagian Paru-paru," ujar lelaki yang aktif meneliti perkara Melatonin yang juga merupakan Alumnus Jurusan Kimia FMIPA Universitas Sumatera Utara (USU)-Medan.

Lebih lanjut lelaki yang juga alumnus Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dalam bidang Biokimia Kedokteran ini mengatakan bahwa walaupun peranan Air ion Kalsium Organik yang ditemukan Muhammad Sontang Sihotang ini tidak secara langsung membunuh Virus Corona yang sedang mewabah ini.

Namun melihat mekanisme reaksi dari ion Ca 2+ yang secara berantai berpengaruh dalam sintesa Melatonin tentu dapat diaplikasikan pada upaya penghambatan penyebaran virus Corona di Paru-paru.

"Melatonin (N-acethyl-5-methoxytryptamine) adalah neuro hormon yang dihasilkan dari kelenjar Pineal disamping terdapat pula pada Gastrointestinal Tract, Retina, Thymus, Bone marrow dan Lekosit. Fungsi Melatonin dalam mengatur Lekosit inilah yang akan mempengaruhi respon imun kita untuk mengontrol inflamasi di dalam tubuh," katanya.

Lebih lanjut lagi Harliansyah mengatakan bahwa, Coronavirus (Covid) dapat menyebabkan peradangan (inflamasi) pada Paru-paru akibat aktivitas Inflamasom. Melatonin dapat menghambat Inflamasom ini serta menstimulasi proses imunitas tubuh.

"Virus dapat menginfeksi tubuh melalui stimulasi Sel Imun CD8 untuk melepaskan marker inflamasi seperti TNF-α , IL-6 dan IFN- γ. Adanya Melatonin yang dapat menstimulasi sel Dendrit (DC) agar melepaskan IL-27 dan seterusnya merangsang sel imun CD4 untuk melepaskan IL-10 guna menghambat marker inflamasi tadi," katanya.

Eks Napi Asimilasi Nekat Berulah, Polisi: Hukuman Berat Menanti

Sontang Sihotang menambahkan bahwa bersama ahli innovator produk -produk pesisir yang juga Dosen FISIP USU, Dara Aisyah  akan menjadikan masukan tersebut sebagai bahan rekomendasi penting bagi Tim Medis Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19, untuk diberikan kepada masyarakat dalam upaya pencegahan Covid-19 secara Regional (Sumatera Utara).

"Sampai ke tingkat nasional kalau perlu boleh disampaikan ke tingkat global nantinya. Berbagai testimoni yang pernah dilakukan dari penggunaan air berkalsium organik ini baik di Malaysia maupun di Indonesia, adalah meningkatkan stamina tubuh dan menghilangkan rasa sakit pada persendian, memperlancar pencernaan dan melegakan tenggorokan," kata Sontang

Ia menjelaskan, jika disemprotkan ke mata dapat menyegarkan serta menerangi mata.

Penggunaan masker yang dibasahi dengan air kalsium juga dapat menyegarkan pernapasan serta menghambat terinfeksi virus pada sistem pernafasan akibat suasana basa yang ditimbulkan air berkalsium ini.

"Insha Allah, penggunaan air berkalsium organik sangat banyak manfaatnya sebagai berfungsi sebagai Adsorbent," pungkasnya.(cr21/tri bun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved