Breaking News:

Ramadhan 2020

Bubur Srintil, Makanan Khas Semarang untuk Berbuka

Yang membedakan bubur ini dengan bubur lainnya adalah karena sumsumnya dibuat dengan campuran daun pandan

TRIBUN MEDAN/HO
BUBUR Srintil yang merupakan bubur khas dari Semarang. Jika anda ingin mencoba bubur ini, anda bisa mendapatkannya di Mbs Catering. 

TRI BUN-MEDAN.com,MEDAN - Berbuka puasa identik dengan makanan yang bercitarasa manis. Salah satu makanan yang sering ditemukan pada bulan Ramadan adalah bubur.

Pada bulan puasa seperti ini, berbagai jenis bubur bisa dengan mudah ditemui. Satu diantaranya Bubur Srintil yang merupakan bubur khas dari Semarang. Jika anda ingin mencoba bubur ini, anda bisa mendapatkannya di Mbs Catering.

"Dalam satu mangkuk Bubur Srintil terdiri dari Sumsum Pandan, Candil, dan Sagu Mutiara. Bubur ini merupakan tiga macam bubur yang dijadikan satu. Memang yang membedakan bubur ini karena kita memakai Sumsum Pandan," ujar pemilik Mbs Catering Evy Burnap, Sabtu (16/5/2020).

Ia mengatakan yang membedakan bubur ini dengan bubur lainnya adalah karena sumsumnya dibuat dengan campuran daun pandan.

Dari segi warna, sumsum pada bubur ini berwarna hijau.

"Daun pandannya di blender, lalu diambil airnya lalu ditambahkan santan, gula, garam, dan tepung beras untuk dijadikan sumsum. Setelah itu pada penataannya kita tambahkan candil, sagu mutiara, dan disiram santan dan gula merah," katanya.

Ia mengatakan proses pembuatan Bubur Srintil ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya dalam prosesnya, pembuatan sumsumnya membutuhkan perhatian khusus.

"Karena sumsum ini dari teksturnya cair, diaduk terus sampai mengental. Dalam proses tersebut tidak bisa berhenti diaduk, nanti buburnya menggumpal. Komposisi air dan tepungnya juga harus pas, enggak boleh terlalu padat dan enggak terlalu cair," katanya.

Bubur ini dijual dengan harga Rp 15 ribu per mangkuk dengan ukuran 500 ml. Ia mengatakan semua bahan yang digunakan dalam pembuatan produknya menggunakan bahan baku premium dan dijaga kebersihannya.

Selain Bubur Srintil, ia juga menjual berbagai jenis takjil seperti Bubur Sumsum Candil, Bubur Jagung, Ubi Lumer, Ubi Thailand, dan banyak lainnya. Selain itu ia juga menjual berbagai paket makanan berbuka puasa.

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved