Breaking News:

Ramadhan 2020

Sala Bulek Khas Padang, Cemilan Pilihan Saat Berbuka Puasa di Medan

Sala Lauak ini merupakan makanan khas Pariaman Sumatera Barat. Kebanyakan makanan ini ditemui di daerah Pariaman yang terletak di kawasan pesisir.

TRIBUN MEDAN/AQMARUL
PEDAGANG Sala Lauak atau Sala Bulek, Ibi Sri menunjukkan Sala Bulek Khas Padang yang menjadi cemilan atau menu favorit berbuka puasa. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Tak hanya penganan khas Melayu saja yang populer di Medan untuk cemilan berbuka puasa.

Penganan khas Padang, ranah Minangkabau atau Sumatra Barat, Sala Bulek juga populer sebagai cemilan berbuka puasa di Medan.

Seorang pedagang Sala Bulek di Kota Medan, Ibu Sri mengatakan, penganan atau gorengan ini memiliki nama sangat unik.

Sala Bulek adalah sebutan bagi orang Minang yang merantau ke Medan. Sementara, nama aslinya ialah Sala Lauak.

"Ya, itulah nama aslinya. Tapi bagi kami perantauan Minang ke Medan, menyebutkannya Sala Bulek. Waktu kecil-kecil kami di Jalan Utama Medan ini sudah begitu," ujarnya.

Dikatakannya, Sala Lauak ini merupakan makanan khas Pariaman Sumatera Barat. Kebanyakan makanan ini ditemui di daerah Pariaman yang terletak di kawasan pesisir.

Secara harfiah, kata Sala dapat diartikan sebagai 'goreng', artinya istilah ini digunakan untuk berbagai jenis bahan makanan yang diolah dengan cara digoreng.

Karena itulah, selain jenis sala lauak ini, terdapat hidangan lain yang juga mendapat sebutan sala, seperti nasi sala, sala udang, dan sala kepiting.

"Sementara kalau lauak secara sederhana berarti ikan. Walaupun, secara artinya bermakna 'ikan goreng'. Jadi Sala lauak ini juga merupakan hidangan berbentuk gumpalan sebesar ibu jari yang terbuat dari adonan daging ikan yang dihaluskan dan dicampur tepung," pungkasnya.

Lanjutnya, Adonan tersebut kemudian dibentuk menjadi gumpalan dan digoreng hingga berwarna cokelat keemasan. Gumpalan-gumpalan bertekstur renyah ini memiliki citarasa yang dominan asin dan gurih dengan aroma rempah berasal dari beberapa jenis bumbu yang ditambahkan didalamnya.

Halaman
12
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved