Pintu Masuk Harta Karun Nazi, Tertimbun 60 Meter di Bawah Istana Ini, Terungkap Lewat Buku Harian

11 situs tempat Nazi menyembunyikan emas yang dijarah, permata, lukisan tak ternilai, dan benda-benda keagamaan. Diperkirakan bernilai miliaran dolar

Sławomir Milejski via Live Science
Istana abad ke-16 di Polandia barat daya 

TRI BUN-MEDAN.com - Setelah berlalu dan menjadi sejarah, mungkin masa lalu masih menyimpan beberapa rahasianya secara rapat.

Bisa saja suatu ketika, setelah masa demi masa berganti, rahasia itu baru akan terbongkar.

Melansir Live Science (2/6/2020), sebuah buku harian yang ditulis 75 tahun lalu oleh seorang perwira, Waffen Schutzstaffel, yang menggunakan nama samaran 'Michaelis' menguraikan rencana komandan Nazi Heinrich Himmler untuk menyembunyikan kekayaan Eropa yang dicuri, artefak dan karya seni yang tak ternilai.

Mungkin berton-ton emas disembunyikan di suatu tempat oleh Nazi.

Perjuangan Nenek Kamtin (105), Pasien Lawan hingga Sembuh Covid-19, Beberkan Rahasianya Bisa Pulih

Buku harian itu mencantumkan 11 situs tempat Nazi menyembunyikan emas yang dijarah, permata, lukisan tak ternilai, dan benda-benda keagamaan.

Diperkirakan bernilai miliaran dolar atau triliunan rupiah.

Salah satu lokasi yang disebutnya adalah sumur terlantar yang memanjang hampir 200 kaki (60 meter) di bawah tanah, di bawah Istana Hochberg abad ke-16 di desa Roztoka, di Polandia barat daya.

Emas di dasar sumur diperkirakan berasal dari Reichsbank di kota Breslau di Polandia (sekarang Wrocław) dan diperkirakan bernilai miliaran euro, The First News (TFN) melaporkan pada 26 Mei.

Selama beberapa dekade setelah perang, buku harian 'Michaelis' dirahasiakan, disembunyikan di kota Quedlinburg, Jerman, dalam kepemilikan sebuah pondok Masonik.

Polres Tanah Karo Sita 27 Sepeda Motor Balap Liar, Kabag Ops : Kalau Tidak Lengkap Kita Sita

Pondok itu telah ada sebagai masyarakat rahasia selama lebih dari 1.000 tahun, termasuk perwira elit Nazi sebagai anggotanya selama Reich Ketiga.

Halaman
123
Editor: Azis Husein Hasibuan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved