Breaking News:

Update Covid19 Sumut 9 Juli 2020

Pantau Penerapan Protokol di Terminal, Bupati Karo Minta Sopir Ingatkan Penumpang Pakai Masker

Pemantauan ini dilakukan untuk memastikan seperti apa penerapan protokol kesehatan di tengah program pendisiplinan ini.

TRIBUN MEDAN/M NASRUL
BUPATI Karo Terkelin Brahmana (kiri) mengimbau kepada pengemudi bus untuk ikut memberikan imbauan kepada penumpang agar menerapkan protokol kesehatan, di Terminal Kabanjahe, Jalan Veteran, Kabanjahe, Kamis (9/7/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Tim Satuan Gugus Tugas (Satgus) percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Karo, memantau langsung penerapan protokol kesehatan di Terminal Kabanjahe, Jalan Veteran, Kabanjahe, Kamis (9/7/2020).

Pemantauan ini langsung dilakukan oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo, dan unsur Forkopimda.

Terkelin yang juga berperan sebagai Ketua Satgus Covid-19 Karo mengungkapkan, pemantauan ini dilakukan untuk memastikan seperti apa penerapan protokol kesehatan di tengah program pendisiplinan ini.

Dirinya mengatakan, seperti diketahui terminal merupakan tempat berkumpulnya orang baik yang akan bepergian maupun yang baru tiba dari daerah asal.

Dirinya menyebutkan, dalam pemantauan ini dirinya juga meminta para pengemudi berperan aktif memberikan imbauan kepada penumpang untuk menaati protokol kesehatan sebelum menaiki bus.

TERBARU VIRUS CORONA di Karo Positif Covid-19 Bertambah 2 Orang, Diketahui Saat Akan Naik Pesawat

"Kita juga berharap kepada para supir, agar dapat memberikan imbauan dan memberikan edukasi kepada penumpang tentang protokol kesehatan. Misalnya, jika ada penumpang yang lupa memakai masker misalnya, bisa diingatkan sehingga penerapan protokol kesehatan tetap berjalan," ujar Terkelin.

Dikatakannya, penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat terutama di lokasi keramaian sangat penting untuk dilakukan. Salah satu langkah yang wajib untuk dilakukan ialah, penggunaan masker.

Karena melalui langkah ini, akan dapat menekan penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

"Kita minta semua agar semakin sadar untuk menggunakan masker, jangan membuat resah masyarakat yang sudah patuh mengikuti protokol kesehatan, dikarenakan penumpang yang minim kesadarannya," katanya.

KABAR BAIK 2 Pasien Positif Covid-19 di Karo dari Klaster Pertama Dinyatakan Sembuh

Dirinya juga meminta kepada tim pendisiplinan dan OPD terkait, agar tak henti-hentinya memberikan imbauan dan pemahaman kepada masyarakat. Dirinya mengatakan, jika perlu tim diminta untuk berkeliling mengumumkan penerapan protokol kesehatan ini untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua Tim Pengawas Pendisplinan Protokol Covid-19 Letkol Inf Taufik Rizal mengatakan, agar apa yang disarankan oleh pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, para sopir dan penumpang tetap ikuti kedisplinan protokol.

"Kita sudah menempatkan tim pendisplinan personil gabungan yang setiap hari memantau aktifitas diterminal, tujuannya memberikan edukasi, advokasi dan motivasi pentingnya kesehatan dan keselamatan," ungkapnya.

Sebagai pemegang kendali di Terminal, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karo Gelora Fajar Purba mengaku, pihaknya sudah berulang kali mengimbau kepada supir melalui mandor agar selalu mengedepankan protokol kesehatan.

Salah satunya menggunakan masker saat perjalanan keluar daerah. (cr4/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved