Breaking News:

Update Covid19 Sumut 13 Oktober 2020

Dinkes Karo Terapkan Beberapa Program untuk Pulihkan Kondisi Kasus Positif dengan Status OTG

Dari hasil swab untuk gelombang kedua ini terdapat beberapa sampel yang terindikasi positif terpapar virus corona (Covid-19).

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
T R I B U N MEDAN/M Nasrul
KEPALA Dinas Kesehatan Kabupaten Karo Drg Irna Safrina Meliala M.Kes. 

TRI BUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Pascadilakukannya pengambilan sampel swab massal beberapa waktu lalu, saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Karo telah menerima hasilnya.

Informasi yang didapat, dari hasil swab untuk gelombang kedua ini terdapat beberapa sampel yang terindikasi positif terpapar virus corona (Covid-19).

Informasi yang didapat dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo Drg Irna Safrina Meliala M.Kes, untuk hasil swab gelombang kedua ini keluar beberapa hari terakhir.

Ketika ditanya perihal kondisi dari sampel swab positif, Irna menjelaskan ada beberapa yang mengalami keluhan penyakit dan ada yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Kemarin sudah keluar lagi untuk hasil swab gelombang pertama. Sampai sekarang sudah kurang lebih 200 sampel yang keluar, DPP berapa yang positif di gelombang ini saya kurang ingat. Cuma memang ada yang memiliki gejala dan asa yang OTG," ujar Irna, Selasa (13/10/2020).

Baca juga: Harga Swab Test di RSUD Deliserdang Kini Rp 825 Ribu, Bagaimana di Kota Medan? Ini Kata Jubir Satgas

Ditanya perihal penanganan apa yang telah dilakukan, Irna menjelaskan untuk kasus yang memiliki gejala sudah langsung dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Kabanjahe.

Sedangkan untuk kasus dengan status OTG, ada beberapa yang menjalani isolasi di rumah dan ada juga yang menjalani isolasi di tempat yang telah disediakan.

"Ada yang isolasi di rumah kalau memang memungkinkan, tapi yang tidak bisa isolasi di rumah kita tempatkan di lokasi isolasi kita. Sudah ada beberapa orang dengan status OTG yang sedang menjalani isolasi di lokasi yang kita sediakan," ungkapnya.

Irna menjelaskan, bagi kasus positif dengan status OTG pihaknya akan melakukan beberapa program untuk membantu pasien memulihkan kondisinya.

Dikatakannya, selain diberikan sejumlah vitamin untuk menjaga imun tubuh, pihaknya juga menerapkan program olahraga dan berjemur secara mandiri setiap paginya.

Baca juga: Dinkes Karo Siapkan Beberapa Lokasi Isolasi bagi Kasus Positif Setelah Ikuti Swab Massal

"Jadi yang paling penting itukan tetap menjaga imun tubuh, makanya selain kita berikan vitamin, untuk meningkatkan imunitas juga kita terapkan berjemur di bawah matahari pagi. Dengan berjemur, juga dapat meningkatkan imunitas dan menambah vitamin e untuk tubuh kita," ucapnya.

Menurutnya, dengan tetap terjaganya imunitas tubuh dari para pasien diharapkan dapat membantu mempercepat penyembuhan pasien.

Dirinya berharap kepada pasien terutama yang berstatus OTG, untuk tetap memiliki pemikiran positif sehingga imunitas tubuhnya tidak sampai turun. (cr4/tri bun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved