Breaking News:

Warga Desa Pertibi Lama Datangi Pemkab Karo soal Lahan untuk Masyarakat Terdampak Erupsi Sinabung

Warga Desa Pertibi Lama, Kecamatan Merek, mendatangi Kantor Bupati Karo, Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe, Selasa (3/11/2020).

Tribun-Medan.com/Muhammad Nasrul
Pemkab Karo menggelar rapat untuk membahas lahan pertanian bagi warga yang terdampak erupsi Gunung Sinabung, di Kantor Bupati Karo, Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe, Selasa (3/11/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE- Warga Desa Pertibi Lama, Kecamatan Merek, mendatangi Kantor Bupati Karo, Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe, Selasa (3/11/2020).

Kedatangan ini untuk meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo mempertimbangkan lahan garapan masyarakat yang kini masuk dalam peta wilayah yang ditujukan untuk lahan pertanian bagi masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Sinabung.

Informasi yang didapat, kawasan tersebut telah ditetapkan menjadi lokasi pemanfaatan menjadi lahan pertanian bagi masyarakat yang termasuk ke dalam relokasi tahap tiga.

Namun, masyarakat sekitar mengaku telah melakukan aktivitas pertanian di sebagian wilayah seluas 480,11 hektare itu.

Mendapati keluhan masyarakat ini, Pemkab Karo langsung mengundang masyarakat dan perwakilannya dengan mengadakan rapat.

Pada rapat yang digelar di ruang rapat Bupati itu, Kepala Desa Pertibi Lama Nelson Munthe, menjelaskan bahwa selama ini masyarakat sudah melakukan aktivitas cocok tanam di kawasan yang dimaksud itu.

"Mewakili masyarakat, di sini saya menceritakan kronologi masyarakat sudah menggarap lahan tersebut sudah dimulai sejak tahun 2004. Dan di sana, itu masyarakat menggarapnya sebagai lahan pertanian yang ditanam tumbuhan palawija," ujar Nelson.

Pada rapat itu, dirinya juga mengungkapkan salah satu hal yang disesalkan oleh masyarakat ialah tidak adanya pemberitahuan dari Pemkab mengenai lahan garapan itu telah diberikan untuk masyarakat terdampak Sinabung.

Bahkan, dampaknya masyarakat sempat menghentikan pengerjaan pembersihan lahan di sana sebanyak dua kali.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved