Breaking News:

Lewat SAKIP, Pemkab Deli Serdang Ingin Tata Kelola Pemerintahan yang Baik

Pemkab Deli Serdang mendorong peningkatan kualitas kinerja instansi pemerintah daerah melalui SAKIP.

DOK. Humas Pemkab Deli Serdang
Rapat “Peran SAKIP dan Laporan Kinerja di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang” di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati Deli Serdang, Selasa (15/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Wakil Bupati Deli Serdang Ali Yusuf Siregar mengatakan, pihaknya mendorong peningkatan kualitas kinerja instansi melalui Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP).

Menurutnya, SAKIP penting untuk merencanakan instrumen berbasis kinerja, menetapkan ukuran keberhasilan perangkat daerah, merumuskan proses dan kegiatan, anggaran berbasis kinerja, penguatan birokrasi pemerintah.

“Ini agar sesuai yang diarahkan untuk mengembangkan organisasi yang lebih proporsional dan transparan, sesuai dengan semangat pembaruan reinventing government (fungsi-fungsi pemerintah),” ujarnya.

Dia mengatakan itu dalam sambutannya pada rapat “Peran SAKIP dan Laporan Kinerja di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang” di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati Deli Serdang, Selasa (15/12/2020).

“Semua ini dalam rangka mendukung terwujudnya tata kelola pemerintahan daerah yang baik,” tegasnya mewakili Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan seperti keterangan tertulisnya.

Ali menambahkan, tata kelola pemerintahan yang baik, akuntabel, dan berorientasi pada hasil merupakan harapan semua pihak.

Untuk itu, diperlukan pengembangan secara terus menerus dan konsisten terhadap penerapan sistem pertanggung jawaban yang tepat, jelas, terukur, dan sesuai dengan peraturan.

Dengan begitu, penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan dapat berlangsung secara berdaya guna dan berhasil guna, serta bersih dan bertanggung jawab.

Pada kesempatan ini, Ali mengucapkan pula terima kasih kepada Ronald Andrea Annas dan Aiaz Rajasa dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) yang bersedia menjadi narasumber.

“Meski di tengah kesibukan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, masih bersedia meluangkan waktu untuk menjadi narasumber pada kegiatan workshop pembangunan daerah pada hari ini,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Inang Jalaludin Shofihara
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved