Breaking News:

Optimisme Ketua TP-PKK Deli Serdang Terhadap Masa Depan Anak Berkebutuhan Khusus

Yunita berharap, kepala daerah dan pihak terkait dapat memberikan pembinaan yang baik kepada ABK.

Dok. Humas Pemkab Deli Serdang
Ketua TP-PKK Kabupaten Deli Serdang Yunita Ashari Tambunan saat menghadiri Gebyar ABK 2021 tingkat Kecamatan Pancur Batu di Pantai Gotong Royong, Desa Hulu, Jumat (5/3/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Deli Serdang Yunita Ashari Tambunan mengaku optimis dengan masa depan anak berkebutuhan khusus (ABK) bila diberikan pelayanan yang baik.

“Oleh karena itu, saya meminta camat dan jajarannya agar memberikan pelayanan terbaik kepada anak-anak istimewa atau ABK,” ujarnya, seperti dalam keterangan tertulis diterima Tribun Medan terima, Senin (8/3/2021).

Pernyataan tersebut Yunita sampaikan saat menghadiri Gebyar ABK 2021 tingkat Kecamatan Pancur Batu di Pantai Gotong Royong, Desa Hulu, Jumat (5/3/2021).

Selain Yunita, turut hadir Wakil Ketua TP-PKK Sri Pepeni Yusuf Siregar, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Herawati Darwin Zein beserta anggota PKK Kabupaten Deli Serdang lainnya.

Hadir pula Camat Pancur Batu beserta musyawarah pimpinan kecamatan (Muspika) plus, mewakili Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, beberapa kepala desa, pengurus pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) ABK Tunas Harapan Mandiri Safar Ginting, penggiat ABK Kecamatan Pancur Batu dan orangtua yang ikut mendampingi para ABK.

Yunita berharap, kepala daerah dan pihak terkait dapat memberikan pembinaan yang baik kepada ABK. Tujuannya, agar mereka dapat mempersiapkan diri untuk hidup mandiri, serta tidak bergantung pada orang lain di kemudian hari.

“Tak lupa, saya ucapkan terima kasih kepada bapak Safar Ginting melalui yayasannya, karena telah banyak membantu anak-anak istimewa di Kecamatan Pancur Batu untuk menumbuh kembangkan potensi mereka,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua TP-PKK Kecamatan Pancur Batu Fauziah Arif Tarigan mengatakan, maksud dari kegiatan gebyar ABK adalah untuk meningkatkan kesaèdaran dan kepedulian masyarakat terhadap anak berkebutuhan khusus.

“Umumnya untuk meningkatkan kepedulian kepada para ABK di Kabupaten Deli Serdang dan Kecamatan Pancur Batu secara khusus,” jelasnya.

Kegiatan ini, lanjut Fauziah, diharapkan memberi ruang bagi para penyandang disabilitas dalam mengeksplorasi kemampuan dan kreativitasnya.

Sementara itu, Camat Pancur Batu Sandra Dewi Situmorang mengatakan, gebyar ABK terselenggara atas kerja sama semua pihak, yaitu masyarakat hingga pengusaha di Kecamatan Pancur Batu.

“Saya sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh donatur, Muspika plus, Ketua TP-PKK beserta rombongan, dan semua pihak yang hadir,” ucapnya.

Sandra menjelaskan, kegiatan gebyar ABK 2021 dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Adapun yang hadir pada acara ini hanya 25 orang dari kuota seharusnya, yaitu 107 orang.

Dalam gebyar ABK juga diadakan perlombaan dan penyerahan hadiah kepada para pemenang. Salah satu pemenang lomba Ayub mendapatkan kursi roda yang diberikan secara simbolis oleh pengurus PKBM ABK Tunas Harapan Mandiri Safar Ginting.

Tak hanya itu, Safar Ginting turut memberikan alat-alat musik dan paket sembako secara simbolis kepada 10 dari 40 anak yatim yang hadir dalam gebyar ABK.

Penulis: Dwi Nur Hayati (CM)
Editor: Mikhael Gewati (CM)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved