Breaking News:

Luwigita Susilo, Satu-satunya Lifter Putri Sumut yang Bakal Tampil Pada PON Papua 2021

Luwigita Susilo, Lifter atau atlet angkat berat andalan Sumut tengah fokus berlatih jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Tribun Medan
LATIHAN PON - Luwigita Susilo Lifter atau atlet angkat berat andalan Sumut yang mendapat tiket di PON Papua. Ia mengatakan tengah sibuk latihan untuk meraih prestasi dalam ajang empat tahun sekali itu. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Luwigita Susilo, Lifter atau atlet angkat berat andalan Sumut tengah fokus berlatih jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Oktober mendatang.

Perempuan yang akrab disapa Luwi ini merupakan satu-satunya Lifter putri Sumut yang berlaga pada ajang empat tahun sekali.

Alumni SMA Dharmawangsa Medan ini mencatat sejarah baru angkat berat putri Sumut.

Baca juga: Valentino Rossi Diprediksi Suram Pada Ajang MotoGP 2021 Usai Gelar Tes Pramusim

Baca juga: JADWAL Tayang Liverpool Vs RB Leipzig, The Reds Punya Modal Bagus, Malah Tertekan dari Tim Tamu

Anak pertama dari tiga bersaudara ini menjadi lifter angkat berat putri Sumut pertama yang lolos ke PON.

Anak dari pasangan suami-istri, Andika Susilo dan Ermadani sangat pantas tampil di PON Papua karena di kelas 72 Kg putri, ia berhasil mengangkat 422,5 kilogram. Dan itu menempatkannya pada urutan ke lima.

Hasil itu diperoleh pada pentas Kejurnas Angkat Berat 2019 yang juga merupakan Kualifikasi PON XX/2020 di GOR Tri Lomba Juang Pajajaran Bandung. Hal itulah, yang membuatnya tertantang untuk fokus latihan.

"Saya harus berprestasi di ajang PON. Apalagi pelaksanaan PON tinggal beberapa bulan lagi. Makanya, harus saya fokuskan untuk latihan," katanya, Selasa (9/3/2021).

Luwi pun menunjukkan perkembangan hari demi hari. Mahasiswa Fakuktas Ilmu Keolahragaan Unimed jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga ini berhasil mewujudkan dengan prestasi setiap kali mengikuti kejuaraan.

"Selama pandemi corona yang juga melanda Indonesia, saya memilih menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga dan sekali-kali berlatih di Gedung PABBSI Sumut Jalan Veteran Desa Helvetia Kecamatan Helvetia Kabupaten Deliserdang, sesuai dengan arahan pelatih Ade Sipayung," terangnya.

Ia mengaku selama merebaknya pandemi Covid-19, tetap melakukan latihan mandiri di rumah dan juga latihan dengan menjalani program Pelatda di Gedung Pabersi Sumut. "Selain itu tetap menjaga jarak dengan atlet lainnya saat latihan sesuai dengan instruksi pemerintah untuk memutuskan jaringan penyebaran wabah covid-19," ujar atlet berhijab ini.

Lebih lanjut cewek yang memiliki berat badan 70 kilogram ini mengatakan bersama para atlet Sumut lainnya masih tetap mengikuti latihan secara normal. Pendoyan bakso ini mengaku terus semangat untuk latihan memberikan hasil terbaik untuk Sumut.

Atlet yang dilahirkan di Medan ini, ingin mempersembahkan yang terbaik bagi Kota Medan. Tekadnya, tentu ingin membawa nama harum Kota Medan dalam cabang olahraga angkat berat pada tingkat nasional. Misinya, sesuai dengan program Pemko Medan untuk mewujudkan Kota Medan sebagai kota atlet.

"Saya harus berlatih lebih keras lagi. Apa yang sudah saya torehkan, harus ditingkatkan. Semoga pencapaian di Pra PON dapat ditingkatkan pada arena angkat berat ditingkat nasional yang digelar empat tahun sekali tahun depan," pungkas atlet yang dilahirkan 18 Juli 1999 ini.(akb/tribun-medan.com)

Biofile:
Luwigita Susilo
Medan, 18 Juli 1999
Ayah: Andika Susilo
Ibu: Ermadani

Prestasi
Medali Emas PORWILSU 2014
Medali Emas PORPROVSU 2014
Medali Emas KEJURDA 2015
Medali Emas PORWILSU 2018
Medali Emas PORPROVSU 2019
Peringkat 5 PRA PON JABAR 2019

Penulis: Sofyan akbar
Editor: Tommy Simatupang
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved