Breaking News:

Jaga Stabilitas Harga Pangan, Pemkab Deli Serdang Lakukan 4K

Penerapan 4K merupakan langkah penting untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pangan strategis.

DOK. Humas Pemkab Deli Serdang
Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan saat membuka High Level Meeting (HLM) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Deli Serdang di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati Deli Serdang, Senin (29/3/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan menjelaskan, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang tengah melakukan beberapa upaya untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pangan strategis.

Salah satu upaya itu, lanjut dia, adalah melalui penerapan keterjangkauan harga, ketersedian pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi yang efektif (4K).

“Kita tentu tahu pandemi Covid-19 sangat berdampak pada pergerakan ekonomi Kabupaten Deli Serdang. Adanya pembatasan aktivitas masyarakat sangat memengaruhi perekonomian daerah,” tutur Ashari dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/3/2021).

Ia menjelaskan, beberapa dampak Covid-19 di daerah, di antaranya pemutusan hubungan kerja, terputusnya pasokan mata rantai barang dan jasa, terganggunya mobilitas masyarakat, khususnya pada sektor industri dan pariwisata, hingga meningkatnya pengangguran dan kemiskinan.

Baca juga: PT Daun Argo Ingin Lahirkan Petani Milenial, Begini Respons Wabup Deli Serdang

“Saya berharap seluruh perangkat daerah bisa ikut mencurahkan ide, gagasan, dan pikiran dalam urusan strategis dan teknis yang terukur dan akuntabel, sesuai dengan ranah masing-masing dengan masih memperhatikan target 2021,” pintanya.

Hal itu disampaikan Ashari saat menghadiri High Level Meeting (HLM) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Deli Serdang di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati Deli Serdang, Senin (29/3/2021).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Ashari. Tujuan dari HLM ini adalah untuk mencapai keberhasilan pelaksanaan pengendalian inflasi di Kabupaten Deli Serdang.

Turut mendampingi Ashari, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang Darwin Zein dan Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Poltak Sitanggang.

Baca juga: Wabup Ali Sebut Verifikasi Evaluasi untuk APE Deli Serdang Telah Sesuai dengan Peraturan

Tidak ketinggalan, Asisten II Sekda Kabupaten Deli Serdang Putra Jaya Manalu, para kepala organisasi perangkat daerah (OPD), dan seluruh anggota TPID Kabupaten Deli Serdang.

Pada kesempatan itu, Kepala Biro Bina Perekonomian Sumut Ismail Nasution mengatakan, pihaknya selalu memantau TPID Deli Serdang. Sebab, kabupaten ini telah beberapa kali menjadi juara.

“Pemkab Deli Serdang beberapa kali memenangi kategori teladan dalam pengendalian inflasi daerah. Kabupaten ini menjadi contoh bagi daerah-daerah lain di Sumut,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Sry Ekayani menyampaikan, dalam mencapai keberhasilan penanganan pengendalian inflasi daerah, TPID mengacu pada pelaksanaan 4K.

Baca juga: GBGM Deli Serdang Targetkan Bedah 248 Rumah Warga Tak Layak Huni

Selain itu, kata dia, pengendalian inflasi juga telah dilaksanakan sesuai roadmap (peta jalan) Tim Pengendali Inflasi Nasional (TPIN) dan peta jalan TPID.

“Pembahasan target capaian pengendalian telah disesuaikan dengan Keputusan Bupati Deli Serdang Nomor 246 Tahun 2019 tentang Peta Jalan Rencana Aksi Penyelenggaraan Pengendalian Inflasi Daerah,” jelasnya.

Penulis: Amalia Purnama Sari (CM)
Editor: Mikhael Gewati (CM)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved