Breaking News:

GBGM Deli Serdang Targetkan Bedah 248 Rumah Warga Tak Layak Huni

Gerakan Bersama Galang Membangun Kabupaten Deli Serdang siap bedah rumah warga tak layak huni.

Dok. Humas Pemkab Deli Serdang
Peresmian program Gerakan Bersama Galang Membangun (GBGM) di Rumah Tahfizh Al-Qur’an Yayasan Pendidikan Islam Ummi Zulfa Dusun III, Desa Jaharun B, Galang, pada Rabu (24/3/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan menghadiri peresmian program Gerakan Bersama Galang Membangun (GBGM) di Rumah Tahfizh Al-Qur’an Yayasan Pendidikan Islam Ummi Zulfa Dusun III, Desa Jaharun B, Galang, Rabu (24/3/2021).

Camat Galang Fitrian Syukuri menjelaskan, kegiatan GBGM merupakan gerakan soliditaritas dalam konsep pencanangan hari ini yang didasarkan pada komunikasi tiga unsur, yakni pelaku usaha, tokoh masyarakat, dan pemerintah.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Medan pada Kamis (25/3/2021), saat ini terdapat 248 rumah warga yang sudah tak layak huni di Kecamatan Galang.

Oleh karena itu, Pemerintah Kecamatan Galang, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), beserta Kelurahan dan Desa, memberikanekspose dan pemaparan di Kantor Camat untuk mengundang para donatur dan partisipan.

Baca juga: Serahkan Laporan Keuangan ke BPK, Bupati Deli Serdang: Kami Terlambat 2 Minggu

“Melalui pemaparan dan ekspose tersebut, dan melalui pencanangan ini kita berkomitmen dapat membangun sebanyak 40 unit bedah rumah, dari target 248 bedah rumah se-Kecamatan Galang,” jelas Fitrian.

Ia juga memaparkan, atas dasar aspirasi masyarakat melalui GBGM, saat ini penerangan jalan dari Pagar Merbau ke Galang sudah terpasang.

"Penerangan dari Pagar Merbabu ke Galang selama ini belum terfasilitasi. Sekarang rute jalan itu, khususnya jalan linta Sumatera,  sudah memiliki penerangan. Ini semua bisa terwujud atas dukungan seluruh masyarakat dan elemen tokoh yang mendukung GBGM," katanya.

Untuk melengkapi hal tersebut, Fitrian pun meminta Bupati Ashari menyerahkan bantuan simbolis kepada para lansia. Diketahui, program GBGM menyerahkan 200 paket sembako kepada para lansia yang membutuhkan.

Baca juga: Bahas Renja 2021, Pemkab Deli Serdang Ungkap Pelaksanaan Pembangunan Dirumuskan Bersama

Bupati Deli Serdang apresiasi program GBGM

Selain menyerahkan sembako, Bupati Ashari juga meletakkan batu pertama pembangunan bedah rumah di Desa Galang Kota dan Desa Jaharun.

Tak lupa, ia juga menyerahkan piagam penghargaan kepada para donatur dan partisipan serta menyerahkan kunci bedah rumah kepada para penerima.

“Apa yang kita lakukan di Deli Serdang ini adalah sesuatu yang luar biasa. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang dianggap berhasil ketika mampu mengajak seluruh elemen masyarakat untuk peduli pada pembangunan,” tutur Ashari.

Ia mengapresiasi Kabupaten Deli Serdang yang mampu menyadarkan semua pihak, bahwa pembangunan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tapi memerlukan partisipasi dan komitmen yang kuat dari masyarakat dan unsur swasta.

Baca juga: KABAR GEMBIRA BLT UMKM atau BPUM Berlanjut Dikucurkan Pemerintah, Syarat Penerima Bantuan UMKM

“Kami dari kantor Bupati Deli Serdang memberikan apresiasi dan hormat kepada Camat beserta unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika), Kepala Desa dan Lurah serta tokoh masyarakat atas gerakan yang luar biasa ini”, ucapnya.

Dilandasi tiga pilar kekuatan, yaitu masyarakat, pemerintah, dan sektor swasta, dengan semangat kebersamaan dan kegotongroyongan, Ashari mengatakan, Deli Serdang telah berhasil menggerakkan berbagai sektor pembangunan.

Penulis: Alifia Nuralita Rezqiana (CM)
Editor: Amalia Purnama Sari (CM)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved