Breaking News:

Jokowi Gembar-gembor BBM Satu Harga, TERNYATA di Sumut Harga BBM Naik Mulai 1 April 2021

Masih ingat program Presiden Jokowi tentang BBM satu harga? Ternyata di Sumut berbeda. Per 1 April 2021 terjadi kenaikan harga BBM.

Istimewa
Presiden Jokowi marah dan beri peringatan untuk para menteri beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Masih ingat program Presiden Jokowi tentang bahan bakar minyak (BBM) satu harga yang digembar-gemborkan medio akhir 2019 silam?

Program ini diklaim pemerintah dan Pertamina berhasil melampaui target yang ditetapkan, termasuk di Papua yang sebelumnya harga BBM jauh melampui dari harga yang ditetapkan pemerintah.

Namun, fakta terbaru di lapangan ternyata berbeda. Harga BBM di Sumatera Utara (Sumut) tak serupa dengan di provinsi lainnya.

Per 1 April 2021, terjadi kenaikan harga BBM di Sumut. Perubahan harga ini pun mendapat sorotan tajam dari masyarakat. Apalagi, dua pekan mendatang sudah memasuki bulan Ramadhan.

Kenaikan itu berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Sumut Nomor 01 tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB). Di mana terdapat perubahan tarif PBBKB khusus BBM non-subsidi menjadi 7,5 persen di wilayah Sumut dari sebelumnya hanya 5 persen.

Baca juga: Sempat Anjlok, Hari Ini Harga Emas Meroket Menjadi Rp 922 Ribu per Gram

Baca juga: Beli Ribuan Ayam dari Ahok Tapi Tak Kunjung Dibayar, Haji Ahmad Diadili di PN Medan

Unit Manager Communication, Relations, & CSR Regional Sumbagut, Taufikurachman, membenarkan adanya kenaikan harga BBM di Sumut.

"Mengacu pada perubahan tarif PBBKB yang ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, sesuai dengan surat edaran Seketaris Daerah Provinsi Sumut, per tanggal 1 April 2021, Pertamina melakukan penyesuaian harga khusus untuk BBM nonsubsidi di seluruh wilayah Sumut," ujarnya, Kamis (1/4/2021).

Adapun kenaikan harga BBM meliputi:

- Pertalite dari Rp 7.650 menjadi Rp 7.850.

- Pertamax dari Rp 9.000 menjadi Rp 9.200.

Halaman
1234
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved