Breaking News:

Hadiri Pelantikan PD MABMI, Bupati Ashari Ingin Nilai-nilai Luhur Dilestarikan

Pesan Bupati Ashari kepada Pimpinan Daerah Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PD MABMI) Kabupaten Deli Serdang Periode 2019-2021.

Dok. Humas Pemkab Deli Serdang
Acara Pelantikan Pimpinan Daerah Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PD MABMI) Kabupaten Deli Serdang di Gedung P3UD Kabupaten Deli Serdang, pada Sabtu (3/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan menginginkan agar nilai-nilai luhur yang telah diwariskan dari leluhur dapat dijaga dan dipelihara.

Hal tersebut dikatakan Ashari saat menghadiri pelantikan Pimpinan Daerah Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PD MABMI) Kabupaten Deli Serdang Periode 2019-2023 dan Cabang MABMI Tanjung Morawa Periode 2021-2025, di Gedung P3UD Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (3/4/2021).

"Indonesia merupakan lembaga yang penting dan strategis. Kabupaten Deli Serdang adalah negeri asli dan kampung halaman Etnis Melayu,” katanya.

Ia pun menyebutkan, Melayu merupakan salah satu dari tiga suku asli penduduk yang mendiami wilayah Kabupaten Deli Serdang. Tiga suku tersebut termasuk Suku Karo dan Suku Simalungun.

Baca juga: Lestarikan Adat Melayu, Bupati Terbit Siap Dukung Program MABMI Langkat

“Mari bersama-sama kita mewujudkan apa yang telah kita cita-citakan yaitu menjadikan negeri yang maju, sejahtera, religius, dan rukun dalam kebhinekaan,” ajaknya, dalam keterangan tertulis yang diterima Tribun Medan, Senin (5/4/2021).

Tak lupa pada kesempatan tersebut, Bupati Deli Serdang mengucapkan selamat kepada Pimpinan Daerah MABMI Deli Serdang baru, Erwin N. Pelos, dan Pimpinan Cabang MABMI Tanjung Morawa yang baru saja dilantik.

“Kami yakin akan segera ditampilkan ide-ide, gagasan, dan program kerja yang akan membesarkan kebudayaan Melayu,” tuturnya.

Ashari berharap, pelantikan tersebut menjadi momentum kebangkitan budaya Melayu di Sumatera Utara, khususnya di Kabupaten Deli Serdang.

“Semoga dapat menjalin kerja sama dan berkolaborasi dengan pemerintah dalam membangun Kabupaten Deli Serdang,” ucapnya.

Baca juga: Tokoh Riau Letjen Purn Syarwan Hamid Meninggal, Pernah Kembalikan Gelar Adat Melayu Gegara Jokowi

Setelah resmi dilantik menjadi PD MABMI oleh Pengurus Wilayah (PW) MABMI Sumatera Utara (Sumut) Zahir, Erwin mengucapkan terima kasih kepada Bupati Deli Serdang, Ketua Umum Pengurus Besar (PB) MABMI Dato’ Seri Syamsul Arifin, dan Ketua PW MABMI.

“Terima kasih telah mempercayai kami untuk membesarkan Melayu yang ada di wilayah Provinsi Sumatera Utara khususnya Kabupaten Deli Serdang,” katanya.

Sementara itu, Zahir berharap, PD MABMI Deli Sedang dapat saling bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang.

“Karena dengan kerja sama, MABMI di Kabupaten Deli Serdang pasti akan besar, dan tentu saja akan memberikan pengaruh yang lebih baik untuk masyarakat melayu di Kabupaten Deli Serdang,” jelasnya.

Baca juga: Peduli Tumbuh Kembang Anak, Yunita Ashari Tambunan Terima Penghargaan Askrindo PAUD Institute Awards

Senada, Dato’ Seri Syamsul Arifin juga mengajak agar masyarakat bersatu, karena Suku Melayu tidak suka dengan keributan dan perpecahan.

“Nantinya semua pengurus daerah dan pengurus cabang sampai ke desa akan dibekali dengan keahlian agar ke depannya MABMI ini akan maju, sukses, dan dapat membesarkan organisasi ini,” katanya.

Penulis: Alifia Nuralita Rezqiana (CM)
Editor: Mikhael Gewati (CM)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved