Breaking News:

Hadiri Acara IUWASH PLUS, Bupati Ashari: Kami Masih Ingin USAID Hadir di Deli Serdang

Bupati Ashari mengucapkan terima kasih kepada USAID yang telah berkontribusi terhadap perubahan pola perilaku masyarakat Deli Serdang.

DOK. Humas Pemkab Deli Serdang
Bupati Deli Serdang saat menghadiri acara berjudul “Diskusi Interaktif dan Seruan Gubernur, Peningkatan Akses Minum dan Sanitasi Aman yang Berkelanjutan” di Hotel Grand City Hall Medan, Kamis (8/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Bupati Deli Serdang Ashari Tambuan mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada United States Agency for International Development (USAID) yang telah berkontribusi terhadap perubahan pola perilaku masyarakat Deli Serdang.

Perubahan pola itu, sebut dia, termasuk bertambahnya pengetahuan dan pengelolaan masyarakat tentang pengelolaan sanitasi dan penyediaan air bersih untuk kesehatan.

Ia pun berharap program-program yang diselenggarakan USAID, khususnya lewat program Indonesia Urban Water Sanitation and Hygiene Penyehatan Lingkungan untuk Semua (IUWASH PLUS), bisa diteruskan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang.

“Bersama pihak-pihak dari dinas, kecamatan, desa, bahkan masyarakat semoga bisa meneruskan. Sebenarnya, kami masih ingin USAID dan IUWASH PLUS hadir di Deli Serdang. Ini merupakan program yang masif,” katanya.

Baca juga: Bupati Ashari Tambunan Sambut Kedatangan Peserta Latsitardanus XLI Tahun 2021

Hal tersebut disampaikan Ashari saat menghadiri acara berjudul “Diskusi Interaktif dan Seruan Gubernur, Peningkatan Akses Minum dan Sanitasi Aman yang Berkelanjutan” di Hotel Grand City Hall Medan, Kamis (8/4/2021).

Acara yang digelar USAID itu sekaligus menjadi penanda hadirnya program IUWASH PLUS di Indonesia selama lima tahun. Sumatera Utara (Sumut) menjadi salah satu provinsi yang ikut berpartisipasi.

Dalam sambutannya, Direktur Kantor Lingkungan USAID Indonesia Matthew Burton mengatakan, selama lima tahun berada di Indonesia, IUWASH PLUS telah bekerja bersama Pemerintah Indonesia, sektor swasta, kelompok masyarakat dan mitra lain.

Mitra-mitra IUWASH PLUs tersebar di 35 kabupaten atau kota di sembilan provinsi, yakni Sumut, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), Sulawesi Selatan (Sulsel), Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta.

Baca juga: Bupati Ashari Siap Dukung Pemindahan Pangkalan Udara Soewondo ke Deli Serdang

Adapun di Sumut, IUWASH PLUS menyelesaikan pelaksanaan program pada Maret 2021 di lima kabupaten atau kota, yaitu Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kota Pematangsiantar, Kota Tebing Tinggi, dan Kota Sibolga.

“Berdasarkan data capaian IUWASH PLUS per April 2021 di Sumut, sebanyak 130.255 orang mendapatkan layanan air minum layak melalui sambungan baru Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM),” terang Matthew dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/4/2021).

Halaman
123
Penulis: Amalia Purnama Sari (CM)
Editor: Mikhael Gewati (CM)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved