Breaking News:

Mendag Janji Tangani Masalah Pasar Belawan, Walkot Bobby: Pemkot Medan Sudah Siapkan DED

Menurut Bobby, encana pembangunan Pasar Belawan ini sudah direncanakan dari tahun sebelumnya. Ia pun berharap pembangunan bisa segera berjalan.

Dok. Humas Pemko Medan
Bobby Nasution saat diwancarainya usai Rapat Evaluasi PPKM Mikro bersama Gubsu dan delapan kepala daerah di Sumut Rabu (21/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Para pedagang di Pasar Belawan berharap agar pasar direnovasi dari kerusakan parah. Hal ini dikarenakan kondisi pasar yang dianggap sudah tak layak lagi.

Salah satu permasalahan yang kerap dirasakan para pedagang dan pembeli pasar adalah banjir. Setiap kali hujan deras, pasar tradisional ini memang langganan banjir.

Hal tersebut disebabkan oleh tidak adanya sistem drainase yang benar di pasar. Ketika hujan turun, air pun menggenangi pasar. Ini membuat pasar becek dan bau, sehingga mengganggu kenyamanan transaksi jual-beli antara pedagang dan pembeli.

Semua keluhan pedagang ditampung dengan penuh perhatian oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi, dan Wali Kota (Walkot) Medan Bobby Nasution saat ketiganya mengunjungi pasar tersebut, Sabtu (1/5/2021).

Baca juga: Setelah Bobby Nasution, Giliran Gibran Rakabuming Copot Oknum Lurah Pungli

Menjawab keluhan tersebut, Lutfi berjanji kepada Walkot Medan dan Gubsu untuk membereskan permasalahan di pasar tradisional itu, sehingga bisa menjadi tempat yang lebih baik dan nyaman bagi pedagang dan pembeli.

“Kami akan menyiapkan pasar-pasar tradisional agar bisa bersaing dengan pasar modern, sehingga dapat memberikan nafkah dan pendapatan yang baik kepada para penjual dan kenyamanan bagi pembeli,” ujar Lutfi.

Ia pun berharap anggaran dari pemerintah segera datang. Sebab, pihaknya butuh menyelesaikan beberapa urusan administrasi.

“Nanti kami tulis surat langsung kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk bisa menganggarkan, sehingga pengerjaan bisa langsung dimulai,” katanya.

Baca juga: Gubernur Edy Rahmayadi Minta Bobby Nasution dan Romo Syafii Tak Ribut di Media Sosial

Menimpali pernyataan tersebut, Walkot Bobby menjelaskan, saat ini terdapat sekitar 300-an pedagang yang bekerja di Pasar Belawan. Sementara itu, ada sekitar 400-an pedagang yang bekerja di luar pasar.

“Pemerintah Kota (Pemkot) Medan sudah memiliki detail engineering design (DED) untuk renovasi pasar tradisional ini,” sebutnya.

Halaman
123
Penulis: Amalia Purnama Sari (CM)
Editor: Mikhael Gewati (CM)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved