Breaking News:

Gurihnya Cimpa Matah, Kue Khas Karo Yang Tidak Dimasak

Dalam bahasa Indonesia Matah artinya mentah, alasan diberinya nama tersebut, karena proses pembuatan Cimpa Matah memang tidak dimasak

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan | Editor: Ayu Prasandi
IST
Cimpa Matah yang siap disantap 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Masyarakat suku Karo memiliki berbagai macam kuliner yang terkenal dengan kelezatan dan keunikannya.

Tidak hanya kuliner yang dimasak dengan bumbu-bumbu yang khas, masyarakat suku Karo sejak dahulu telah memiliki makanan ringan tradisional seperti kue yang hanya dibuat di momen-momen tertentu saja.

Seperti Cimpa Matah, kuliner khas suku Karo satu ini, memiliki tektur seperti kue dengan rasa yang gurih, lembut dan manis. 

Cimpa Matah yang siap disantap
Cimpa Matah yang siap disantap (IST)

Dalam bahasa Indonesia Matah artinya mentah, alasan diberinya nama tersebut, karena proses pembuatan Cimpa Matah memang tidak dimasak, sepenuhnya menggunakan tenaga manusia.

Cimpa matah terdiri dari dua warna, coklat dan putih. Keduanya memiliki rasa yang berbeda, Cimpa Matah yang berwarna kecoklatan didominasi rasa manis, sedangkan warna putih didominasi rasa asin dan gurih.

Baca juga: Direktur RSUD dr Pirngadi: Karena Keluarga Pasien Emosional ya Jadi Begitu!

Seorang warga Karo, Anisa Br Tarigan mengatakan bahwa Cimpa Matah biasanya wajib dibuat di momen-momen tertentu, seperti pesta masuk rumah baru (mengket rumah), perayaan 7 bulan ibu hamil, pernikahan, dan acara adat lainnya.

"Cara membuat makanan ini memang enggak menggunakan api alias enggak dimasak. Tapi Cimpa Matah ini bukan makanan sembarangan, ini dibuat hanya di acara tertentu saja. Paling sering di acara mengket rumah baru," katanya kepada tribunmedan.com, Sabtu (29/5/2021).

Dikatakannya biasanya para ibu-ibu akan bergotong royong membuat Cimpa Matah dalam porsi besar. Tidak jarang pula anak-anak remaja ikut terlibat dalam pembuatannya. 

Anisa menjelaskan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Cimpa Matah juga tidak banyak, cukup sediakan beras, kelapa, lada hitam, gula merah dan garam sesuai porsi Cimpa Matah yang ingin dibuat.

"Alat membuatnya sediakan lesung atau penumbuk beras dan saringan. Pertama haluskan beras di lesung, memang ini yang melelahkan, apalagi porsi yang mau dibuat banyak, bisa berjam-jam jadi capek di menumbuk berasnya," katanya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved