Breaking News:

Cek Syarat Layanan Vaksinasi Calon Penumpang di Bandara Kualanamu

Layanan vaksinasi tersebut selain untuk calon penumpang, juga untuk masyarakat umum dan stakeholder Bandara Internasional Kualanamu.

Penulis: Muhammad Anil Rasyid | Editor: Ayu Prasandi
HO
Penumpang sedang melakukan pemeriksaan dokumen kepada petugas Bandara Kualanamu, Minggu (4/7/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, DELISERDANG - PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Internasional Kualanamu berkolaborasi dengan KKP Kemenkes Kelas 1 Medan akan membuka Layanan Vaksinasi Center KNO di Atrium lantai satu Bandara Internasional Kualanamu pada tanggal, (6/7/2021) mendatang.

Baca juga: Wajib Pakai Masker Tiga Lapis, Regulasi untuk Penumpang KA Berlaku mulai Hari Ini

Layanan vaksinasi tersebut selain untuk calon penumpang, juga untuk masyarakat umum dan stakeholder Bandara Internasional Kualanamu.

"Layanan Vaksinasi Center KNO ini juga dalam rangka mendukung percepatan program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah agar Indonesia dapat mencapai kekebalan komunal atau Herd Immunity," ujar Manager of Branch Communication & Legal, Chandra Gumilar, Minggu (4/7/2021), malam.

Sementara itu, Surat edaran kementerian perhubungan nomor 45 Tahun 2021 tentang pelaksanaan perjalanan dalam negeri dengan transportasi udara pada masa pandemi Covid-19 yang berlaku mulai tanggal 05 Juli 2021, penumpang pesawat untuk penerbangan antar bandara di pulau jawa, dan penerbangan dari bandara yang berada di luar pulau Jawa ke bandara di Pulau Jawa harus menunjukkan kartu vaksin pertama dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang samplenya di ambil dalam waktu maksimal 2x24 jam sebelum berangkat.

Baca juga: Wajib Pakai Masker Tiga Lapis, Regulasi untuk Penumpang KA Berlaku mulai Hari Ini

Hal demikian juga serupa dengan bandara yang melakukan penerbangan ke bandara yang di pulau Bali. 

Sedangkan untuk penerbangan ke bandara selain pulau Jawa dan Bali wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam atau hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

"Kenapa pada tanggal (6/7/2021) kita baru siapkan vaksinasi, lebih ke persiapan teknis saja. Untuk apakah nantinya ada batasan jumlah berapa yang di vaksin per harinya, besok (5/7/2021) akan kita rapatkan kembali mengenai teknisnya," ujar Chandra.

Sementara itu, untuk vaksinasi bisa dilakukan untuk umum juga.

Tetapi masyarakat harus mendaftarkan diri dulu melalui Aplikasi Peduli Lindungi yang tersedia di Play Store android.

"Pasti kita akan ada tambahan petugas dari komunitas bandara, yang terdiri dari Airlines, Angkasa Pura II, dan  Otoritas Bandara," ujar Chandra.

Baca juga: SOSOK Rezcan Mass Siregar, Atlet Lari Sumut, Sejak Sekolah Dasar Terjun Di Dunia Atletik

Syarat dan ketentuan Vaksinasi di Bandara Internasional Kualanamu : 

1. Membawa KTP Asli
2. Usia minimum 12 Tahun
3. Membawa KK bagi anak yg belum memiliki KTP
4. Untuk umum, diprioritaskan bagi calon penumpang dan datang 6 jam sebelum keberangkatan.
5. Download Aplikasi Peduli Lindungi
6. Wajib mengikuti Protokol kesehatan

(cr23/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved