Breaking News:

Lezatnya Cincang Bohan, Makanan Khas Karo yang Dimasak Dalam Bambu

Cincang Bohan adalah masakan tradisional khas suku Karo yang dikenal dengan kelezatannya dan cara memasaknya yang unik.

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan | Editor: Royandi Hutasoit
HO / Tribun Medan
Cincang Bohan adalah masakan tradisional khas suku Karo yang dikenal dengan kelezatannya dan cara memasaknya yang unik. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Cincang Bohan adalah masakan tradisional khas suku Karo yang dikenal dengan kelezatannya dan cara memasaknya yang unik.

Bohan dalam bahasa Indonesia yakni bambu muda, sehingga Cincang Bohan adalah bahan makanan yang disatukan dan dimasak menggunakan bambu muda.

Cincang Bohan biasanya dimasak dalam acara-acara tertentu saja, seperti Pesta Tahunan atau pernikahan. 

Biasanya masakan satu ini dimasak dalam porsi yang cukup banyak, sebab sering pula menjadi luah atau oleh-oleh bagi tamu undangan.

Cincang Bohan sendiri terdiri dari sayuran, daging ayam atau sapi, kelapa parut serta bumbu dapur lainnya yang dicincang halus dan dimasak dalam bambu muda. 

Memasaknya juga menggunakan bara api layaknya memasak lemang. Rasa dan aromanya yang khas membuat masakan satu ini kerap diburu.

Meski demikian Cincang Bohan kini telah beradaptasi, tidak jarang masyarakat Karo memasak Cincang tidak lagi menggunakan Bohan atau Bambu melainkan dengan peralatan masak sepeti kuali atau kukusan.

Sehingga masakan satu ini juga sudang cukup mudah ditemui di rumaha makan khas Karo.

Namun tentu saja, rasa Cincang yang dimasak dengan bambu berbeda dengan yang dimasak di wadah biasa, karena aroma dan rasa yang dimasak dengan Bohan akan lebih lezat dan gurih.

Untuk membuat cincang bohan, kamu perlu mempersiapkan beberapa bahan seperti bambu yang dipotong per-ruas, kayu bakar dan tempat membakar bohannya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved