Breaking News:

ATM Beras untuk Warga Fakir, Potensi Penghimpunan Dana ZISWAF Capai Rp 300 Triliun

Hery meyakini ZISWAF akan mampu menjadi pendanaan besar untuk sektor dari segi pendidikan, ekonomi, dan kegiatan sosial lainnya.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Eti Wahyuni
TRIBUN MEDAN/KARTIKA SARI
Warga mengambil beras di Mesin ATM Beras di Masjid Al-Ilham, Jalan Mistar No.34, Medan, Sabtu (14/8/2021). BSI memberikan subsidi hingga satu tahun pertama hingga akhirnya masjid dapat mandiri untuk terus menyalurkan beras kepada masyarakat kurang mampu. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - PT Bank Syariah Indonesia (BSI) terus mengoptimalkan penyaluran Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) kepada masyarakat.

Berdasarkan catatan data Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) pada tahun 2020, jumlah dana ZISWAF yang terkumpul diperkirakan mencapai Rp 12,5 triliun. Angka ini meningkat dibanding tahun 2019 yang berhasil mengumpulkan Rp 10,6 triliun.

Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Hery Gunardi melihat bahwa ZISWAF dapat terus didongkrak lagi penghimpunan dananya yang memiliki potensi hingga Rp 300 triliun.

Dengan semakin teroptimalisiasi dana himpunan ini, Hery meyakini ZISWAF akan mampu menjadi pendanaan besar untuk sektor dari segi pendidikan, ekonomi, dan kegiatan sosial lainnya.

Baca juga: Masjid Al-Ilham Medan Kelola ATM Beras dari BSI, Tiap Minggu 115 Warga Dapat Beras Tiga Liter 

Terkait hal ini, Funding & Transaction Business Deputy PT Bank Syariah Indonesia Tbk Region 2/Medan Silvia Permata Sari mengungkapkan bahwa dalam mengelola dana ZISWAF ini, BSI Region 2 Medan turut bekerjasama dengan mitra untuk penyaluran kepada penerima manfaat.

"Untuk pengelolaan dana ZISWAF ini kita mengarah untuk kegiatan sosial yang lebih banyak. Contohnya seperti bantuan Covid dan kita juga ada bina untuk Rumah Tahfiz. Selain itu juga ada pegawai BSI yang mewakafkan rumahnya untuk kegiatan di Rumah Tahfiz ini," ungkap Silvia, Rabu (12/8).

Dalam kemitraan untuk Rumah Tahfiz ini, BSI menggandeng Dauruut Tauhiid (DT) Peduli Cabang Medan dengan membina 20 santri di Baitul Qur'an Sahabat Shalihah, Jalan Sepakat No 2A, Tanjung Rejo, Medan Sunggal.

Tak hanya itu, Silvi juga mengatakan bahwa saat ini BSI Region 2/Medan juga gencar untuk memakmurkan masjid dengan menghadirkan ATM Beras yang bermitra di tiga masjid di Kota Medan dan sekitarnya.

Adapun tiga masjid ini diantaranya Masjid Darul Jalal, Jalan Taut/Sukaria, Medan Tembung, Masjid Al-Ilham, Jalan Mistar, Medan, dan Masjid Al-Muhajirin, Delitua, Deliserdang dengan total penerima 100 pemegang kartu untuk tiap masjid.

"Kita ada juga program untuk ATM beras. Kalau untuk ATM beras ini kita beri kepada satu keluarga kurang mampu dan dia bisa ambil 3 liter untuk setiap minggunya," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved