Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Materi Belajar IPS Kelas 7: Mengenal Bentuk-bentuk Interaksi Sosial

Materi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7 SMP tentang bentuk-bentuk interaksi sosial.

TRIBUN MEDAN/M ANDIMAZ
Ilustrasi Anak Muda 

TRIBUN-MEDAN.com - Materi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7 SMP tentang bentuk-bentuk interaksi sosial.

Jika di artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian interaksi sosial, lengkap dengan ciri-ciri dan syarat terjadinya, di artikel kali ini bahasan lebih jauh akan mengarah pada bentuk-bentuk dari interaksi sosial.

Secara umum interaksi sosial dibagi ke dalam dua bentuk, yakni interaksi sosial asosiatif atau yang mengarah pada hal-hal yang mempererat hubungan dan menghasilkan kerjasama, serta interaksi sosial disasosiatif atau yang menciptakan pepecahan.

Interaksi Sosial Asosiatif

Interaksi sosial asosiatif atau yang mempererat hubungan dan menghasilkan kerjasama, dalam hal ini dapat terjadi apabila suatu kelompok yang mempunyai kesamaan pandangan melakukan interaksi untuk mencapai tujuan yang mengarah pada kesatuan.

Interaksi sosial dengan tujuan positif ini meliputi kerjasama, akomodasi (mediasi, koersi, kompromi, arbitrasi dan adjudikasi), asimilasi dan akulturasi.

Kerjasama

Kerjasama adalah suatu usaha yang dilakukan dua orang atau lebih dengan tujuan yang sama dan saling membantu serta mendukung demi tercapainya tujuan yang diinginkan bersama.

Contoh: kerjasama dalam mengerjakan tugas, gotong royong, kerjasama dalam pertandingan sepakbola dan lain-lain.

Adapun berbagai bentuk kerjasama yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah bargaining atau proses tawar menawar hingga terjadi kesepatan; joint venture, yakni proses kerjasama untuk menyelesaikan proyek tertentu; koalisi, yakni suatu kerjasama yang dibentuk untuk mencapai tujuan masing-masing dengan cara yang sama; kooptasi, suatu proses kerjasama untuk penerimaan unsur-unsur baru selama kepemimpinan atau pelaksanaan politik tertentu; dan kerukunan, yakni suatu proses untuk mencapai tujuan bersama dengan menghilangkan perbedaan-perbedaan yang ada.

Akomodasi

Akomodasi adalah suatu usaha yang dilakukan untuk menyelesaikan konflik.

Akomodasi dapat dilakukan dengan beberapa cara: mediasi, yaitu akomodasi dengan melibatkan pihak ketiga yang netral; adjudikasi, yaitu akomodasi dengan melibatkan pengadilan; arbitrasi, akomodasi yang melibatkan pihak ketiga yang lebih tinggi kedudukannya; dan kompromi, yaitu akomodasi dengan saling mengurangi tuntutan hingga tercapai kesepatakatan.

Asimilasi

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved