Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Materi Belajar Ekonomi: Empat Fungsi Pajak, Budgeting, Mengatur, Stabilitas, dan Redistribusi

Secara teoritis, kehadiran sistem perpajakan memiliki sejumlah fungsi penting dalam sebuah negara terutama untuk mencapai target pembangunan.

Ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.com - Materi belajar ekonomi ini akan menjelaskan empat fungsi pajak sebagai budgeting, mengatur, stabilitas, dan Rrdistribusi

Pada artikel ini akan menjelaskan tentang pajak sebagai pendapatan negara. 

Istilah pajak bukan hal yang asing di telinga masyarakat.

Setiap orang pasti pernah dikenai pajak dan membayar dalam jumlah tertentu sebagai kewajiban pajak.

Contohnya, saat seseorang belanja minuman di mal, biasanya kasir akan menjelaskan bahwa harga total yang harus dibayar untuk satu gelas minuman akan lebih besar dari nilai yang tercantum di menu.

Hal ini karena ada pengenaan pajak untuk pembelian satu gelas minuman yang besarannya antara 5 persen hingga 15 persen dari harga aslinya.

Suka tidak suka, setiap orang harus mengeluarkan biaya lebih untuk membeli minuman atau barang lainnya karena harus membayar pajak.

Jenis pajak ini umumnya dikenal sebagai Pajak Pertambahan Nilai (PPN), yang merupakan salah satu jenis dari bentuk perpajakan.

Adanya perpajakan ini tentu bukan hal menyenangkan, namun perlu disadari juga bahwa kita hidup di negara hukum, dimana setiap orang harus patuh pada ketentuan yang telah dikeluarkan pemerintah.

Setiap aturan yang ada tentu dibuat untuk mencapai kesejahteraan semua orang.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved