Breaking News:

BEI Dukung Pendanaan UMKM di Pasar Modal

BEI sendiri memiliki dua inisiatif utama, yaitu Papan Akselerasi dan program IDX Incubator.

Penulis: Angel aginta sembiring | Editor: Eti Wahyuni
TRIBUN MEDAN/HO
Fluktuasi saham di Pasar Modal. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Tren pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia terus meningkat dalam satu dekade terakhir serta memberikan dorongan positif bagi pertumbuhan ekonomi.

Berdasarkan catatan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah bulan Maret 2021, jumlah UKM di Indonesia mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto sebesar 61,07 persen atau senilai Rp 8.573,89 triliun.

Sepanjang tahun 2021 hingga 27 Oktober, telah tercatat sebanyak tujuh perusahaan dengan aset skala kecil dan 11 perusahaan dengan aset skala menengah.

Perusahaan-perusahaan tercatat tersebut berasal dari berbagai sektor, antara lain teknologi, kesehatan, konsumen primer, konsumen non-primer, perindustrian, properti dan real estat, dan barang baku.

Baca juga: Rekor Baru, Jumlah Investor Pasar Modal Indonesia Capai 6.597.100 SID

Disampaikan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Sumatera Utara, Muhammad Pintor Nasution bahwa peningkatan jumlah perusahaan dengan aset skala kecil dan menengah sebagai Perusahaan Tercatat tidak lepas dari berbagai upaya yang dilakukan BEI untuk medukung perusahaan-perusahaan tersebut guna memperoleh pendanaan di Pasar Modal Indonesia.

BEI sendiri memiliki dua inisiatif utama, yaitu Papan Akselerasi dan program IDX Incubator.

"Dengan adanya Papan Akselerasi, perusahaan dengan aset skala kecil dan menengah semakin mudah untuk mengakses pendanaan melalui pasar modal dan mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan akses kepada investor pasar modal Indonesia, " tuturnya, Senin (1/11/2021).

Menurut data dari PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) telah mencapai 6,4 juta investor per 21 Oktober 2021.

Dalam hal ini, katanya, IDX Incubator telah membina sebanyak 121 SME dari berbagai sektor serta lima perusahaan diantaranya telah berhasil IPO dan menjadi Perusahaan Tercatat di BEI.

Dengan adanya Papan Akselerasi dan program IDX Incubator, diharapkan dapat mendorong perusahaan dengan aset skala kecil dan menengah di Indonesia untuk memanfaatkan kesempatan Go Public ini.

BEI berkomitmen untuk menjadi house of growth bagi seluruh size perusahaan.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved