Breaking News:

TRIBUNWIKI

Oukup, Sauna Tradisional Suku Karo Dipercaya Sembuhkan Berbagai Penyakit

Oukup merupakan mandi uap (sauna) tradisional Suku Karo, yang memanfaatkan beragam jenis tumbuh-tumbuhan dan rempah-rempah

HO
Ramuan rempah-rempah tradisional khas Karo untuk mandi uap. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN- Masyarakat Suku Karo memiliki berbagai macam metode tradisional untuk menyembuhkan penyakit.

Salah satunya yang hingga saat ini masih populer dan kerap digunakan masyarakat Karo yakni Oukup.

Baca juga: Resep dan Cara Mudah Masak Cipera Ayam Jamur Khas Karo

Oukup merupakan mandi uap (sauna) tradisional Suku Karo, yang memanfaatkan beragam jenis tumbuh-tumbuhan dan rempah-rempah sebagai ramuannya. 

Oukup hingga saat ini masih eksis di masyarakat Karo karena dipercaya  memberikan manfaat kesehatan, khususnya bagi para ibu yang baru melahirkan, serta dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti penyakit gula darah, asam urat, demam gatal-gatal, alergi serta beberapa penyakit lainnya.

Jika sauna biasa dilakukan di tempat tertentu atau tempat khusus sauna,  Oukup Karo dapat dilakukan di rumah masing-masing dengan memasak ramuannya sendiri.

Umumnya, bahan-bahan untuk membuat Oukup terdiri dari beberapa tanaman dan rempah seperti, rempah ratus, batang cekala, jeruk purut, jeruk gajah, jeruk pagar, jeruk malem, jeruk nipis, temulawak, jahe merah, lengkuas, bawang merah, bawang putih, pala, lada hitam, bunga lawang dan beberapa bahan lainnya.

Cara membuatnya pun cukup mudah pertama yakni membersihkan semua bahan, bagian yang besar dapat dipotong atau digeprek, lalu rebus semua bahan dengan air yang secukupnya.

Baca juga: Panen.Co Bagikan 90 Paket Sembako di Yayasan Al-Wasliyah di Masa Pandemi Covid-19

Setelah mendidih dan aroma rempah sudah harum, lalu diangkat dan siap digunakan untuk Oukup atau Mandi Uap. 

Biasanya seseorang yang ingin dioukup akan duduk di kursi kecil hanya menggunakan celana pendek dan di depannya diletakkan bahan Oukup yang baru masak.

Lalu ia beserta Oukup tersebut ditutup dengan selimut tebal beberapa lapis agar uap dari Oukup tidak menyebar kemana-mana. Proses oukup tersebut dapat dilakukan beberapa menit hingga orang tersebut merasa cukup.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved