Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Penulisan Teks Formulir: Struktur Teks Formulir hingga Contoh Teks Formulir

Bagaimana struktur formulir? Pada artikel ini akan menjelaskan dengan lengkap tentang teks formulir. 

Pixabay
Pengertian teks eksposisi 

TRIBUN-MEDAN.com - Bagaimana struktur formulir? Pada artikel ini akan menjelaskan dengan lengkap tentang teks formulir. 

Teks formulir bisa digunakan apabila seseorang ingin bergabung atau mendaftarkan diri pada suatu instansi resmi yang diharuskan untuk mengisi suatu data-data penting yang dibutuhkan.

Data tersebut umumnya memuat tentang nama, tempat dan tanggal lahir, nomor yang dapat dihubungi, alamat tempat tinggal dan lain sebagainya.

Data-data tersebut biasanya tercantum pada suatu teks yang dikenal sebagai teks formulir.

Menulis teks prosedur
Menulis teks prosedur (Pixabay)

Pengertian Teks Formulir

Formulir berasal dari bahasa Belanda yakni formulier yang artinya sebuah kertas berisi beberapa pertanyaan formal yang harus diisi.

Teks formulir adalah suatu lembaran berupa kartu atau kertas dengan ukuran tertentu yang berisi mengenai data atau informasi yang sifatnya tetap dan juga beberapa bagian lain yang tidak tetap.

Pengertian lain menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tentang formulir yakni sebuah lembar isian atau surat isian yang telah diisi dan harus diserahkan kepada bagian pendaftaran.

Dapat dikatakan jika teks formulir adalah sebuah kertas yang mempunyai ruang terformat dan harus diisi oleh penggunanya.

Menurut Puspitawati, formulir dapat diartikan sebagai secarik kertas atau media yang mempunyai ruang untuk diisi dengan berbagai informasi sebagai dasar pencatatan transaksi ataupun aktivitas ekonomi dari suatu unit organisasi.

Dan menurut Rama dan Jones, pengertian formulir yakni dokumen terpola yang berisi field kosong yang dapat diisi oleh pengguna dengan data.

Tujuan Teks Formulir

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved