Breaking News:

Redakan Kram Saat Haid dengan Minum Air Jahe

Minum jahe saat haid dapat menjadi salah satu perawatan rumahan yang dapat dicoba untuk meredakan gejala nyeri dan kram.

texilaconnect.com
Ilustrasi Nyeri Haid 

TRIBUN-MEDAN.com - Minum jahe saat haid dapat menjadi salah satu perawatan rumahan yang dapat dicoba untuk meredakan gejala nyeri dan kram.

Seperti dijelaskan dalam pemberitaan Kompas.com (25/04/2019), nyeri perut saat menstruasi terjadi karena kontraksi di dalam rahim atau kandungan.

Kontraksi otot rahim ini dipicu oleh hormon prostaglandin, yang kadarnya akan meningkat tepat sebelum menstruasi dimulai.

Jika selama siklua menstruasi terjadi kontraksi yang terlalu kuat, hal tersebut bisa menekan pembuluh darah di dekatnya, sehingga dapat memotong suplai oksigen ke dalam rahim.

Akibatnya, rendahnya level oksigen dalam rahim bisa menyebabkan munculnya rasa sakit dan kram.

Meskipun, tak semua penyebab nyeri perut saat menstruasi diakibatkan oleh proses normal saat haid. Nyeri saat haid bisa juga disebabkan beberapa faktor lain, seperti sindrom pramenstruasi (PMS) dan endometriosis.

Nah, apakah minum jahe saat haid benar-benar memberikan khasiat?

 

Minum jahe saat haid

Jahe (Zingiber officinale) memberikan beragam manfaat kesehatan, termasuk salah satunya untuk kesehatan wanita.

Minum jahe saat haid diyakini dapat meredakan nyeri dan kram haid.

Melansir Verywell Health, penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang terkandung dalam jahe dapat membantu melindungi peningkatan peradangan dengan menghambat produksi prostaglandin tubuh.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved