Berikut Ini Cara Mencegah Munculnya Keretakan di Bodi Motor Setelah Dicat Ulang

Berikut ini cara mencegah munculnya retakan di bodi motor setelah dicat ulang. Keretakan di bodi motor sering muncul akibat cat bari. 

Ist
Keretakan Cat Bodi Motor 

TRIBUN-MEDAN.com - Berikut ini cara mencegah munculnya retakan di bodi motor setelah dicat ulang. Keretakan di bodi motor sering muncul akibat cat bari. 

Retakan yang muncul setelah proses cat ulang umumnya adalah reaksi kimia akibat penggunaan komponen cat yang tidak senyawa.

 

Lukman Hakim, Artist Airbrush dari Studio Anggoro Let's Go Paint Brush And Art, kasih tips agar retakan tidak muncul lagi di body motor yang telah dicat ulang.

"Cara ini tidak banyak yang tahu, tapi terbukti ampuh buat mencegah munculnya retakan," ujar Akim sapaan akrab Lukman Hakim.

Lebih Sporty dan Rally, Honda CRF250 Mengalami Perubahan dari Segala Lini

Keunggulan dan Harga Honda CB 150X Resmi Masuk Diler Indonesia, Motor Tangguh untuk Touring

Langkah pencegahan ini berada diproses awal pengecatan ulang body motor.

"Sebelum dicat ulang, pasti cat lama di media yang akan dicat ulang itu harus diamplas dulu. Nah setelah diamplas ini kalian bisa semprot PP Primer ke media yang sudah diamplas tadi," yakin Akim sapaan akrab Lukman Hakim.

Retakan muncul akibat reaksi kimia senyawa cat yang berbeda
Retakan muncul akibat reaksi kimia senyawa cat yang berbeda

PP Primer yang disemprotkan ini berfungsi sebagai penutup agar senyawa kimia pada lapisan cat lama tidak bereaksi negatif pada cat baru yang disemprot.

"Biasanya kan PP Primer ini cuma digunakan buat body tekstur kulit jeruk. Tapi di body biasa juga bisa kita gunakan buat menghindari hasil retak saat cat jadi," tutur Akim yang workshopnya di Jl. H. Marzuki VI RT 03 / RW 17 No. 39, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.

Setelah lapisan PP Primer mengering, kalian baru bisa semprotkan surfacer atau epoxy, cat warna yang diinginkan dan juga pernish.

"Saran saya gunakan cat sejenis dalam proses agar tidak terjadi efek negatif akibat perbedaan senyawa kimia pada cat," saran Akim.

Nah, buat kalian yang sering lakukan cat pada body motor dan mengalami masalah dengan munculnya retakan, boleh dicoba tips ini.

Modifikasi Honda NX650 Dominator Bergaya Motard Jadi Tampil Lebih Jantan dan Gagah

Pecinta Motor Trail, Honda XLR250 Baja Punya Lampu Bak Kacamata dengan Kekuatan 250 CC

(*/tribun-medan.com)

Dapatkan update berita terkini setiap hari dari tribun-medan.com. Mari bergabung di Channel Telegram "Tribun Medan Update", caranya klik link https://t.me/tribunmedanupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved