Penyakit Kulit Jamur

Penyakit kulit jamur atau sering disebut penyakit jamuran, kadas, kurap, kutu air merupakan penyakit yang sering ditemukan di Indonesia karena iklim.

Editor: Ismail
Tribun Medan/HO
Jamur Kulit 

Oleh Dr. Edward Wijaya

Penyakit kulit jamur atau sering disebut penyakit jamuran, kadas, kurap, kutu air merupakan penyakit yang sering ditemukan di Indonesia karena iklimnya yang tropis selain itu juga disebabkan oleh kurangnya kebersihan, keadaan lembab, basah, berkeringat banyak, dan juga penurunan daya tahan tubuh.

Penyakit jamur ini biasanya mempunyai gejala dan tanda terutama seperti: pruritus (gatal-gatal) yang timbul apabila penderita berkeringat, bercak-bercak berupa lingkaran kemerahan di kulit yang bisa timbul dibagian tubuh seperti badan, kaki, sela-sela paha, kepala.

Diagnosis penyakit jamur pada kulit ini biasanya ditegakkan dokter dengan melihat kelainan kulit yang dialami penderita apabila kelainan kulitnya tidak khas maka dokter akan melakukan kerokan kulit pada daerah kulit yang mengalami kelainan dan diperiksa mengunakan larutan KOH lalu dilakukan pemeriksaan dibawah mikroskop untuk mengetahui apakah ada jamur di kerokan kulit tersebut.

Untuk pencegahan penyakit ini adalah dengan menjaga agar kulit tetap bersih, kering, menggunakan pakaian dalam yang menyerap keringat, hindari penggunaan pakaian yang berlapis-lapis di cuaca panas, keringkan tubuh sehabis mandi dengan benar, dan mengganti pakaian dalam dan kaus kaki secara teratur setiap hari.

Penyakit ini juga harus melalui pengobatan yang rutin karena tidak bisa sembuh hanya dengan 1 kali pengobatan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved