Kebun Teh Sidamanik

Warga Khawatir Kebun Teh Sidamanik Bakal Jadi Perkebunan Sawit

Warga khawatir kebun teh Sidamanik akan berganti dengan perkebunan kelapa sawit.

Penulis: Alija Magribi | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Kondisi kebun teh Sidamanik, atau Afdeling I Kebun Teh Bah Butong, Senin (20/6/2022). Warga khawatir kebun teh ini dialihfungsikan menjadi kebun sawit. TRIBUN MEDAN - ALIJA MAGRIBI 

TRIBUN-MEDAN.COM,SIMALUNGUN- Warga yang berada di kawasan perkebunan teh Sidamanik, atau Afdeling I kebun Bah Butong  di Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun khawatir kebun teh Sidamanik akan dialihfungsikan menjadi kebun sawit.

Saat ini, alat berat milik PTPN IV sudah masuk ke lokasi kebun teh dan melakukan perataan areal tanah. 

Baca juga: SERUNYA Wisata Serba Madu di Tengah Hamparan Kebun Teh Sidamanik di Desa Sait Buttu 

Informasi ini membuat warga khawatir. Menurut warga setempat, pihak perkebunan sendiri telah merotasi sejumlah karyawan kebun teh yang bekerja di areal Afdeling I, sehubungan dengan pengerjaan konversi tanaman teh menjadi tanaman sawit berlangsung.

“Iya, karyawan yang ngerjain kebun teh ini sudah dimutasi semua. Karena area mereka kan mau dijadikan kebun kelapa sawit,” kata warga di lokasi, Senin (20/6/2022).

Warga mengatakan, pihak PTPN IV juga telah merencanakan akan menugaskan pegawai PTPN IV Bah Birong Ulu mengerjakan perkebunan kelapa sawit di areal bekas eks Afdeling I kebun teh Bah Birong tersebut, mengingat lokasinya berdekatan.

Baca juga: Ngopi di Kebun Teh dan Bisa Sambil Menikmati Udara Sejuk di Baren Coffee Sidamanik

“Nanti area yang eks kebun teh itu akan dimasukkan ke Kebun Kelapa Sawit PTPN IV Bah Birong Ulu (Jorlang Hataran),” kata pria yang mengaku adiknya bekerja di perkebunan teh yang sudah dipindah tugaskan.

Kegiatan konversi perkebunan dari teh ke sawit yang dilakukan PTPN IV ini telah mendapat kecaman dari berbagai lapisan organisasi masyarakat, warga lokal, bahkan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga sendiri. 

Tak cuma dianggap berpotensi merusak lingkungan, konversi ini akan mengubur jati diri Kecamatan Sidamanik sebagai daerah agrowisata perkebunan teh yang sudah dikenal wisatawan dalam dan luar Sumatera Utara.

Baca juga: Kebun Teh Bah Butong, Dibangun Sejak Tahun 1917 dan Tehnya Terkenal Sampai Eropa

“Pemkab Simalungun pasti menolak rencana konversi kebun teh menjadi kebun kelapa sawit,” kata pria akrab disapa RHS itu di beberapa kesempatan.

PTPN Pastikan Pertahankan Kebun Teh

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved