Berita Deliserdang

Mulianta Sembiring Dipecat dari KPU Deliserdang, Terbukti Lakukan Pelanggaran Berat

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi dan memecat Komisioner KPU Deliserdang, Mulianta Sembiring.

Penulis: Indra Gunawan | Editor: Royandi Hutasoit
Facebook / Tribun Medan
Komisioner KPU Deliserdang, Mulianta Sembiring 

TRIBUN-MEDAN.com, DELISERDANG - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi dan memecat Komisioner KPU Deliserdang, Mulianta Sembiring.

Mulianta merupakan Komisioner Divisi Hukum yang baru satu kali menjabat.

Informasi yang dihimpun ia terbukti melanggar kode etik penyelenggaraan pemilu dan pedoman prilaku penyelenggara pemilu serta terbukti memiliki afiliasi kepada peserta pemilu. 

Pengadunya adalah warga Lubukpakam atas nama P Tarigan. Sidang putusan DKPP dengan nomor perkara 26-PKE DKPP/VII/2022 ini dibacakan Rabu, (10/8/2022).

Terkait hal ini Ketua KPU Deliserdang, Syahrial Efendy pun mengaku sudah mengetahui putusan DKPP tersebut. 

"Ia diberhentikan, kemarin sidang putusan DKPP nya. Kita tentu akan menghormati putusan tersebut dan mematuhinya. Sekarang ini kita menunggu surat keputusan dari KPU RI, karena yang menjalankannya putusan DKPP itu nanti KPU RI,"ucap Syahrial Efendy Kamis, (11/8/2022). 

Syahrial mengakui kalau rekannya sempat diadukan ke DKPP dengan 3 pokok aduan.

Selain keterlibatan pengurus Partai Hanura, juga dianggap sempat memberikan dukungan kepada pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah.

Selain itu juga diadukan dalam hal mendukung calon anggota DPD, Dadang Passribu. 

"Ada tiga pokok aduan memang. Kalau yang Partai itu tidak terbukti, namanya yang dicatut dan udah ada klarifikasi juga dari Hanura. Sekitar 1,5 bulan lalu diadukan ke DKPP. Baru kemudian diakhir bulan lalu sidang di Kantor Bawaslu Sumut," kata Syahrial. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved