Kampus Lahirkan Investor Muda Pasar Modal

Rektor Universitas MTU Dr. Dompak Pasaribu SE, M.Si, CPA, CACP berikan saham sejumlah perusahaan pada mahasiswa baru MTU pada PKKMB di Kampus A

Editor: Ismail
Dok. Universitas MTU
Rektor Universitas Mahkota Tricom Unggul (MTU) Dr. Dompak Pasaribu SE, M.Si, CPA, CACP memberikan saham sejumlah perusahaan terbuka kepada mahasiswa baru MTU pada pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Kampus A Gedung Jati Junction Medan, Sabtu (10/9). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Rektor Universitas Mahkota Tricom Unggul (MTU) Dr. Dompak Pasaribu SE, M.Si, CPA, CACP memberikan saham sejumlah perusahaan terbuka kepada mahasiswa baru MTU pada pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Kampus A Gedung Jati Junction Medan, Sabtu (10/9).

“Kita ingin mahasiswa tidak hanya mengikuti perkuliahan saja, tapi juga aktif berinvestasi di pasar modal, karena itu di MTU akan dibentuk Komunitas Studi Pasar Modal (KSPM) sehingga mahasiswa dapat memahami apa itu investasi di pasar modal. Dengan mengetahui bagaimana berinverstasi di pasar modal, mahasiswa dapat meningkatkan keuanganannya,” ungkap Dompak yang juga Komisaris Independen PT Mark Dynamics Indonesia (MDI).

Untuk diketahui, kata Dompak berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) jumlah investor di pasar modal Indonesia telah meningkat 92,99persen dari 3,88 juta investor di akhir tahun 2020 menjadi 7,49 juta di akhir tahun 2021. Per akhir Juni 2022, investor didominasi oleh investor muda dengan pendidikan terakhir SMA yang mencapai persentase sebesar 61,41 persen dengan total aset sebesar Rp 191 triliun.

Dengan dibentuknya KSPM mahasiswa MTU memiliki keahlian dalam berinvestasi di pasar modal. Walau masih masa kuliah, mahasiswa sudah dapat meningkatkan keuangannya. Melalui KSP semua mahasiswa MTU memiliki keahlian dalam berinvestasi di pasar modal. Dengan begitu setelah lulus kuliah, mahasiswa dapat meningkatkan keuangannya di pasar modal.

Berdasarkan data dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebut jumlah investor pasar modal Indonesia sampai bulan Juni 2022 sudah melampaui 9 juta. Jumlah ini masih terbilang sedikit bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia mencapai 270 juta orang. Karena itu MTU menjadi kampus melahirkan investor pasar modal.

Dijelaskannya, kegiatan PKKMB sangat penting dilakukan kepada mahasiswa baru untuk menjelaskan bagaimana bentuk pendidikan di perguruan tinggi yang jauh berbeda pada waktu mereka masih di sekolah. Perkuliahan MTU telah menerapkan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM), pengisian kartu rencana studi (KRS) dan kartu hasil studi (KHS) yang dapat diisi secara online sehingga mahasiswa dapat melakukan dimana saja dan tidak perlu datang ke kampus.

Bentuk perkuliahan yang dilakukan secara online maupun offline. Ini dilakukan untuk memudahkan mahasiswa, khusus yang telah bekerja.

“Banyak orang tidak dapat melanjutkan pendidikan karena alasan pekerjaan. Dengan bentuk perkuliahan yang dilakukan, tidak ada hambatan bagi mahasiswa yang telah bekerja,” tegasnya.

(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved