Tempat Wisata di Sumut

5 Tempat Wisata di Sumut yang Tawarkan Arung Jeram, Cocok untuk Pemula Maupun Profesional

Arung jeram merupakan olahraga yang menantang namun banyak diminati dan kini merupakan tempat wisata di Sumut

Penulis: istiqomah kaloko | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Peserta menikmati keseruan rafting di aliran Sungai Bah Bolon, Desa Sipispis, Serdangbedagai, Sumatera Utara, Sabtu (21/5/2022). Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumut menggelar rafting bersama sekaligus mempromosikan wisata arung jeram di Sei Bah Bolon. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Arung jeram merupakan olahraga yang menantang namun banyak diminati dan kini merupakan tempat wisata di Sumut yang banyak diminati.

Tak semua orang menyukai olahraga ekstrem ini karena memang arung jeram tak hanya membutuhkan hobi saja, melainkan juga skill, keberanian, dan juga kekompakan bersama tim membuat tempat wisata di Sumut yang menawarkan arung jeram banyak dikunjungi.

Jika anda ingin menikmati liburan dengan arung jeram, maka tempat wisata di Sumut berikut ini sangat cocok untuk kamu kunjungi.

Baca juga: Rekomendasi Kudapan Khas Daerah Wisata Danau Toba, Bercita Rasa Unik dan Wajib Anda Coba

Semuanya punya level tantangan masing-masing, baik untuk pemula atau yang sudah mahir bahkan profesional.

1. Sungai Sei Binge

Salah seorang wisatawan saat bermain kayak di sungai Namu Sira-Sira, Desa Sei Binge, Kabupaten Langkat.
Salah seorang wisatawan saat bermain kayak di sungai Namu Sira-Sira, Desa Sei Binge, Kabupaten Langkat. (HO)

Sungai Sei Binge merupakan sungai yang berada di Kabupaten Langkat. Lokasi arung jeram ini menawarkan wisata alam dan lokasi arung jeram yang menantang.

Terletak di desa Sei Binge kabupaten Langkat, sungai ini berjarak sekitar 40 km dari kota Medan dan sekitar 20 km dari kota Binjai.

Sungai Binge adalah sungai yang relatif kecil dengan air yang jernih dan bebatuan dengan banyak jeram yang bervariasi. Airnya jernih sehingga Anda bisa melihat ke dasar sungai.

Ada dua rute untuk mencapai lokasi Sei Binge.

Rute pertama adalah dari Namo Nangkha menuju Bendungan Nam Sila Sila, dengan panjang sekitar 7 km dan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Rute kedua dimulai dari desa Lau Seridi dan berjarak sekitar 10 km menuju Jembatan Dam Nam Sila, waktu tempuh sekitar 3 jam.

2. Sungai Bah Bolon

Sandiaga Uno sedang menjajal Arung Jeram di Sungai Bah Bolon Desa Wisata Buluh Duri Kecamatan sipispis Kabupaten Sergai pada Kamis (23/6/2022).
Sandiaga Uno sedang menjajal Arung Jeram di Sungai Bah Bolon Desa Wisata Buluh Duri Kecamatan sipispis Kabupaten Sergai pada Kamis (23/6/2022). (TRIBUN MEDAN/HO)

Tempat wisata alam sungai Bah Bolon ini dikenal sangat eksotis. Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan indah dan tebing-tebing di sepanjang sungai.

Wisata arung jeram yang berada di Desa Bul Duli, Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta alam. Untuk mencapai lokasi, wisatawan harus menempuh  sekitar 100 km dari kota Medan, sekitar 2,5 jam.

Setibanya di lokasi, wisatawan akan dibekali dengan perlengkapan arung jeram seperti dayung, helm pengaman dan jaket pelampung.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved