Materi Belajar

Materi Belajar: Macam-macam Stratifikasi Sosial dan Penjelasannya

Macam-macam stratifikasi sosial menjadi pokok bahasan pada pokok bahasan sosiologi dan akan dipaparkan secara lengkap dalam materi berikut ini. 

Penulis: Rizky Aisyah | Editor: Royandi Hutasoit
Ho / Tribun
Macam-macam Stratifikasi Sosial dan Penjelasannya 

TRIBUN-MEDAN.com.MEDAN - Macam-macam stratifikasi sosial menjadi pokok bahasan pada pokok bahasan sosiologi dan akan dipaparkan secara lengkap dalam materi berikut ini. 

Setiap lapisan dalam susunan tertentu memiliki sifat dan keseragaman tersendiri. Macam-macam stratifikasi sosial atau bentuk stratifikasi sosial dalam masyarakat diklasifikasikan menjadi tiga kategori: stratifikasi politik, ekonomi, dan sosial.

Stratifikasi sosial menurut kriteria politik

Stratifikasi sosial berdasarkan kriteria politik adalah pembagian anggota masyarakat menurut tingkat kekuasaan yang dimilikinya. Menurut mac iver, ada tiga pola sistem pelapisan daya yang umum:

a. Tipe kasta

Lapisan kekuatan dengan garis pemisah yang jelas dan keras hampir tidak bisa ditembus, membuat gerakan vertikal menjadi tidak mungkin. Di puncak piramida, kekuasaan diduduki oleh penguasa tertinggi, misalnya raja atau maharaja, dengan lingkungan yang didukung oleh para bangsawan, prajurit, dan pendeta. Tingkat berikutnya dihuni oleh petani dan pekerja perkebunan, dan tingkat rendah terdiri dari para budak.

b. Tipe oligarki

Pembagian strata kekuasaan masih mengakar, namun ada dasar-dasar pembagian kelas sosial yang ditentukan oleh budaya suatu masyarakat, khususnya adanya kesepakatan yang diberikan kepada anggota masyarakat untuk memperoleh kekuasaan tertentu. Perbedaan antara satu lapisan dengan lapisan lainnya tidak begitu kentara. Tipe ini ditemukan dalam masyarakat feodal maju.

c. Tipe demokratis

Lapisan power dengan sekat antar lapisan bersifat fleksibel dan tidak kaku. Faktor terpenting bukanlah bawaan, tapi kemampuan, bahkan terkadang keberuntungan.

Selain pola umum sistem stratifikasi kekuasaan, perlu diperhatikan bahwa sistem stratifikasi kekuasaan yang diterapkan dalam masyarakat feodal semuanya merupakan stratifikasi kekuasaan yang layak diterapkan di lingkungan keraton. Ini dapat digambarkan sebagai cincin kambium.

Raja adalah figur sentral yang penuh kekuasaan dan hak istimewa. Kekuasaan dan hak istimewa yang lebih rendah dari raja dimiliki oleh keluarga kerajaan, dan semakin jauh dari keluarga kerajaan, semakin sedikit kekuasaan dan hak istimewa serta prestise (kehormatan) yang dimiliki seseorang.

Stratifikasi sosial menurut kriteria ekonomi

Stratifikasi sosial berdasarkan kriteria ekonomi adalah pembedaan anggota masyarakat berdasarkan harta benda, yang biasa disebut dengan kelas sosial. Pembagian kelas ekonomi dibagi menjadi tiga kelompok sebagai berikut.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved