Materi Belajar

Materi Pembelajaran : Pengertian Landasan Teori, Pengertian Teori & Konsep Menurut Para Ahli

Pengertian teori dan konsep teori akan menjadi topik bahasan yang akan dijabarkan pada artikel berikut ini.

Penulis: Rizky Aisyah | Editor: Royandi Hutasoit
HO / TRIBUN
Pengertian Landasan Teori, Pengertian Teori & Konsep Menurut Para Ahli 

TRIBUN-MEDAN.com.MEDAN - Pengertian teori dan konsep teori akan menjadi topik bahasan yang akan dijabarkan pada artikel berikut ini.

Definisi teori dan konsep biasanya sering ditemui pada bab 2 skripsi maupun makalah yang menjelaskan suatu teori konsep yang relevan dengan judul yang diangkat sebagai dasar acuan penelitian.

Pengertian Landasan Teori

Pengertian landasan teori adalah rujukan suatu artikel atau paragraf dalam bentuk teks informasi (yang dapat berupa catatan) yang menjadi dasar masalah yang akan diteliti, yaitu percobaan atau kajian.

Landasan adalah tempat atau wadah penelitian, sedangkan pengertian teori adalah bentuk pendapat ahli tentang apa yang diteliti. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa landasan teori dapat diartikan sebagai pemahaman seorang ahli terhadap teori yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukannya.

Adapun sub pembahasannya sebagai berikut :

  1. Pengertian Teori.
  2. Pengertian Konsep.

Penelitian dilakukan untuk memberikan penjelasan tentang suatu masalah, jawaban atas masalah tersebut, dan alternatif kemungkinan-kemungkinan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut. Penjelasan dan jawaban tersebut memerlukan pengolahan data untuk menemukan alternatif yang sesuai dengan permasalahan.

Setelah masalah penelitian telah dirumuskan, langkah selanjutnya adalah menemukan teori yang relevan dengan penelitian. Teori diperlukan agar peneliti dapat memahami dan mengerti bagaimana menjelaskan atau menganalisis fenomena yang terjadi berdasarkan pola pikir teoritis penelitian tertentu.

Peneliti harus memahami arti teori, karena fenomena tersebut dapat dianalisis atau dijelaskan melalui gagasan teoritis yang terkait, sehingga teori dan penelitian tidak dapat dipisahkan.

Oleh karena itu, penulis harus memiliki landasan teori dan konsep sebagai pedoman dan landasan untuk penulisan selanjutnya.

Landasan teori ini harus dipertahankan agar penelitian memiliki landasan yang kuat, dan bukan merupakan tindakan coba-coba. Keberadaan landasan teoritis tersebut mencirikan penelitian sebagai metode ilmiah untuk memperoleh data. (Sumadi Suryabrata, 1990 (Dalam Sugiyono, 2010:52)).

Pengertian teori menurut ahli/pakar

Menurut Emory Cooper (Umar, 2004: 50), teori adalah kumpulan konsep, definisi, proposisi dan variabel yang dapat dihubungkan satu sama lain secara sistematis dan umum untuk menjelaskan dan meramalkan suatu fenomena tertentu (fakta-fakta).

Kemudian, menurut Siswoyo (Mardalis, 2003: 42), teori didefinisikan sebagai seperangkat konsep dan definisi yang saling berhubungan yang mencerminkan pandangan sistematis tentang suatu fenomena dengan menjelaskan hubungan antar variabel untuk tujuan menjelaskan dan memprediksi fenomena tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved