Breaking News:

Sumut Terkini

KURSI di Taman Bunga Siantar Hilang Digondol Maling, Polisi Buru Dua Pencuri yang Viral

Muncul teriakan dari arah perekam video “maling kau kan” dan “maling-maling”. Kedua pelaku pun akhirnya jatuh tersungkur di jalan.

Penulis: Alija Magribi | Editor: Ayu Prasandi
HO/Tribun Medan
Tangkapan layar video pencurian kursi di Taman Bunga Kota Pematangsiantar. 

TRIBUN-MEDAN.com SIANTAR- Sat Reskrim Polres Pematang Siantar memburu dua pelaku komplotan penggondol kursi umum yang terletak di sisi kiri Taman Bunga Kota Pematang Siantar, Minggu (22/1/2023) dini hari.

Polisi pun berhasil mengamankan kursi sebagai barang bukti pencurian. 

Kasat Reskrim Polres Pematang Siantar, AKP Banuara Manurung menyampaikan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Pemerintah Kota Siantar untuk membuat laporan atas pencurian terhadap aset negara tersebut.

Baca juga: Viral Kursi Umum di Lapangan Adam Malik Siantar Dicuri, Pelaku Gunakan Sepeda Motor Membawanya

“Kita sudah mintakan kepada lurah atau bagian aset di dinas terkait untuk membuat laporan polisi. Karena ini yang dirugikan, kan, negara, ya. Mungkin siang ini dibuat laporannya,” kata Banuara saat ditemui Selasa (24/1/2023) siang. 

Banuara, secara singkat menyampaikan pihaknya sudah menyita kursi yang diambil tersebut dari suatu tempat. Personel Sat Reskrim di lapangan kini sudah mengejar pelarian pelaku.

“Kursinya sudah kita dapat. Lokasinya ada lah. Ini sedang kita buru pelakunya,” ujar Banuara merahasiakan di mana kursi tersebut ditemukan sebagai bukti tindak pidana pencurian.

Sebagaimana video yang beredar di pelbagai akun media sosial Facebook dan Instagram, aksi dua komplotan maling di Siantar bikin geleng-geleng kepala. Pasalnya, keduanya menggasak kursi umum yang terletak di Sisi Taman Bunga Kota Pematang Siantar. Video ini pun beredar pada Senin (23/1/2023) malam.

Berdasarkan amatan dari video berdurasi 29 menit itu, dua komplotan maling memakai topi dengan menunggangi sepeda motor matik. Seorang pria mengendarai sepeda motor dan seorang lainnya menduduki kursi di belakangnya.

Muncul teriakan dari arah perekam video “maling kau kan” dan “maling-maling”. Kedua pelaku pun akhirnya jatuh tersungkur di jalan.

Baca juga: Viral Dua Pria Kepergok Curi Kursi Besi Taman di Siantar, Sempat Terjadi Aksi Kejar-kejaran di Jalan

Berkaitan dengan video viral tersebut, Lurah Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Bachtiar Effendi mengaku dirinya baru tahu adanya video pencurian kursi besi yang menyebut terjadi di Lapangan Adam Malik berdasarkan apa yang tersebar di media sosial.

“Ini aku ke lapangan. Ternyata bukan di Lapangan Adam Malik. Tapi di Taman Bunga. Menurut kata warga yang biasa di sini, kemarin kursi masih ada,” kata Lurah saat dikonfirmasi via seluler, Selasa (24/1/2023).

Belasan Kursi dan Alat Olahraga di Ruang Publik Raib

Berdasarkan pantauan reporter Tribun Medan, tak cuma kursi yang berhilangan di Taman Bunga Kota Siantar tersebut.

Sarana dan prasarana olahraga publik lainnya juga raib tak bersisa. Fungsi sarana olahraga permanen untuk umum tersebut mutlak tak bisa dimanfaatkan masyarakat.

Kepala Bidang (Kabid) Kawasan dan Permukiman pada Dinas PRKP Kota Pematang Siantar, Juang Sijabat pun mengatakan, kejadian pencurian di lokasi Lapangan Merdeka bukan hanya satu kali saja terjadi. Namun sudah belasan kali.

"Artinya kejadian bukan hanya satu malam. Yang viral itu lah salah satu bukti dan banyak juga sudah hilang. Kurang lebih ada 17 kursi yang hilang dari Lapangan Merdeka. Tapi kejadiannya bukan hanya ini. Malam ini dua dan semalam satu," kata Juang kepada wartawan, Selasa (24/1/23).

Disampaikan Juang kembali, soal buat laporan pihaknya akan berkoordinasikan dengan Kadis. Tapi kalau kursi tersebut dipulangkan, dirinya mengimbau kepada masyarakat marilah bersama-sama menjaga. 

“istilahnya dari rakyat untuk rakyatnya ini. Jangan diginikan,” kata Juang kembali.

(Alj/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved