video

TPS 019 Hadir dengan Konsep Dekorasi Nuansa Adat Batak Toba untuk Semangati Warga Memilih

Mengurangi angka Golongan Putih (Golput) atau mengurangi warga yang tidak menggunakan hak suara di hari Pemilu hari ini.

TPS 019 Hadir dengan Konsep Dekorasi Nuansa Adat Batak Toba untuk Semangati Warga Memilih
Laporan Roporter Tribun Medan/Aqmarul Akhyar 
TPS 019 Hadir dengan Konsep Dekorasi Nuansa Adat Batak Toba untuk Semangati Warga Memilih. Tempat Pemungutan Suara (TPS) 019, mengusung nuansa adat Batak dalam mendekorasi TPS 019, di Jalan Rakyat, Kelurahan Sidorame, Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan, hari Rabu (17/4/2019) 

TPS 019 Hadir dengan Konsep Dekorasi Nuansa Adat Batak Toba untuk Semangati Warga Memilih

TRIBUN-MEDAN.com-Tempat Pemungutan Suara (TPS) 019, Jalan Rakyat, Kelurahan Sidorame, Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan, berjalan dengan lancar dan aman.

Ketua kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS), Tito, mengatakan TPS 019 mengusung konsep dekorasi nuansa adat Batak Toba.

Hal ini dikarenakan untuk menarik warga untuk menggunakan hak suaranya di hari Pemilihan Umum (Pemilu), pada tanggal 17 April 2019 serta mengurangi angka Golongan Putih (Golput) atau mengurangi warga yang tidak menggunakan hak suara di hari Pemilu hari ini. 

 "Kami mengusung adat Batak Toba dalam mendekorasi TPS 019.  Hal ini dilakukan karena kami ingin menarik antusias warga untuk menyoblos surat suara, serta mengurangi angkat golput," ujarnya, hari Rabu, (17/4/2019). 

Tito juga menjelaskan bahwa sebelumnya saat hari pemilu di TPS tersebut belum pernah dihiasi dan didekorasi bernuansa adat Batak Toba. Namun, hanya dikorasi seperti biasa saja dan baru di Pemilu hari ini TPS 019 didekorasi bernuansa adat Batak Toba.

Dalam hal ini juga, Tito mengatakan bahwa anggotanya yang terdiri dari 3 orang wanita dan empat laki-laki termasuk Tito sendiri mengenakan Aksesoris adat Batak Toba di pakiaannya. Begitu juga, dengan dua orang Linmas yang bertugas di TPS 019 Jalan Rakyat tersebut. 

Keturunan Pendiri Kota Medan Kecewa Makam Guru Patimpus Sembiring Pelawi Bukan di Kota Medan

Pasien RSUP Adam Malik Kecewa Tak Bisa Mencoblos karena Tidak Punya Formulir Pindah Memilih

Foto-Foto Pasien Rumah Sakit Menggunakan Hak Suaranya di RSUP Adam Malik Medan

Ketua NPC Sumut Berharap Presiden Terpilih Berikan Peluang Atlet Disabilitas Dapat Pekerjaan

"Yang kami kenakan di kepala merupakan ikat kepala dari adat Batak Toba dengan nama Sortali. kalau ini menandakan kerajaan adat Batak Sortalinya berbentuk segi tiga ke atas untuk pria, kalau untuk perempuan mengukan ikat kepala yang rata," ucapnya. 

TPS 004 di Perumnas Simalingkar Tampil Beda, Pasang Balon dan Gaba-gaba untuk Meriahkan Suasana

Data Quick Count 5 Lembaga Survei Sudah Masuk 70%, Jokowi Langsung Pidato

Kemudian, Tito menjelaskan bahwa mereka mengenakan Ulos. Ia juga menjelaskan Ulos yang dikenakan perempuan bernama Ulos Sadum, sedangkan pria mengenakan Ulos Ragi Hotang namanya. 

Gara-gara Rebutan Jadi Saksi di TPS, Dua Massa Bersenjata Tajam Bentrok hingga Mansur Tertembak

Boro-boro Akui Jokowi-Maruf Menang Hitung Cepat, Prabowo Justru Curigai Lembaga Survei

Tak hanya itu saja, di pintu masuk TPS 019 juga terdapat simbol Rumah adat Batak Toba, yaitu Gorga. Selain itu, terdapat satu tandan buah pisang, untuk disantap warga yang datang ke TPS 019. 

Halaman
12
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved