Kapolda Irjen Paulus Waterpauw Beber Motif KKB Papua Teror Freeport

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw membeberkan motif di balik aksi Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua sering melakukan teror ke PT Freeport

Kapolda Irjen Paulus Waterpauw Beber Motif KKB Papua Teror Freeport
KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw 

TRIBUN MEDAN.com - Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw membeberkan motif di balik aksi Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua sering melakukan teror terhadap PT Freeport.

Paulus Waterpauw menyebutkan, KKB Papua telah sejak lama beraksi mengganggu perusahaan tersebut.

"Oh itu ada, KKB sebutannya kelompok kriminal bersenjata.

Jadi mereka berkelompok tapi sering melakukan perbuatan kriminal dan mereka bersenjata," kata Paulus Waterpauw dalam acara diskusi di Gedung IASTH, Kampus UI Salemba, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Ia menyebutkan anggota kelompok KKB Papua yang meneror Freeport tidak begitu banyak.

Menurut Paulus Waterpauw, senjata yang dimiliki kelompok tersebut didapat dari hasil mencuri dan merampas dari aparat keamanan.

"(Personel) tidak banyak, mereka berkelompok. Mungkin daripada mereka nganggur, mereka freeman, mereka tidak punya gaya apa-apa, modalnya merebut senjata anggota, mencuri, merampas, menganiaya anggota,” ujarnya.

“Dan dengan senjata yang mereka miliki itu melakukan kekerasan tidak hanya kepada aparat, tapi juga masyarakat mereka sendiri," imbuh Paulus Waterpauw.

Lebih lanjut, Paulus Waterpauw mengatakan, motif yang disuarakan KKB Papua tak lain masalah kesejahteraan atau masalah ekonomi.

Selain melakukan teror terhadap Freeport, KKB Papua juga kerap meminta 'bantuan' kepada pengusaha dan pemerintah.

Halaman
1234
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Warta kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved