Breaking News:

Ramadhan 2020

Bubur Pedas Medan, Padukan Bubur dan Anyang Khas Melayu Langkat Sebagai Menu Berbuka

Bubur Pedas Medan hanya berjualan saat bulan Ramadan setiap harinya. Bubur Pedas ini merupakan andalan suku Melayu untuk berbuka puasa.

TRIBUN MEDAN/KARTIKA
KULINER Bubur Pedas Medan khas Melayu Langkat yang terletak di Jalan Kapten Muslim, Kecamatan Medan Helvetia, Medan, Jumat (8/5/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Bubur pedas dan anyang selalu menjadi incaran menu berbuka khas Melayu bagi masyarakat saat Ramadan.

Diantara beragam menu bubur pedas di pasaran, ada kuliner Bubur Pedas Medan Khas Melayu yang terletak di Jalan Kapten Muslim, Kecamatan Medan Helvetia, Medan.

Bubur Pedas Medan menyajikan menu andalan berbuka yaitu Anyang dan Bubur Pedas.

Pemilik Bubur Pedas Medan, Andi Sutristno mengungkapkan, dirinya sudah mulai berjualan bubur pedas sejak 2017 tepatnya tiga tahun lalu.

Ia merintis Bubur Pedas Medan ini bersama sang Istri yang merupakan asli Tanjung Pura, Langkat.

"Saya jualan sudah tiga tahun tiap Ramadan. Kita jualan khas Melayu ini kuliner yang harus dilestarikan. Ciri khas orang Melayu yang saat ini sudah cukup jarang ditemukan," ungkap Andi, Jumat (8/5/2020).

Andi menjelaskan bahwa komponen dalam bubur pedas begitu kompleks hingga dapat memakan waktu proses masak selama kurang lebih sembilan jam.

"Bubur ini sangat kompleks ya, kita mulai dari Subuh mulai dari berbelanja di pasar. Di bubur pedas ini ada berbagai macam umbi-umbian yang ada 20 macam jenis. Mengolahnya ini lumayan rumit tapi Alhamdulillah peminatnya banyak," jelasnya.

Tambahnya, Andi menjelakan komponen yang terdapat di bubur khas Melayu Langkat tersebut.

Bank Sumut Salurkan Bantuan Rp 417 Juta Selama Pandemi Covid-19

"Jadi di dalamnya ini ada kentang, ubi rambat ditambah lagi ada pakis, jadi kita bisa habiskan 10kg untuk merajangnya," kata Andi.

Bagi Andi yang telah berjualan bubur pedas, Anyang merupakan pelengkap komplit untuk bubur pedas. Ia menuturkan bahwa tanpa ada anyang seperti ada yang kurang.

Halaman
12
Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved