Breaking News:

Ramadhan 2020

Dirikan Dapur Ramadan, Aksi Salam Sumut Berbagi Takjil Kepada Masyarakat Pinggiran Sungai Deli

Dapur Ramadhan ini sebagai wujud saling berbagi untuk masyarakat berbuka puasa dengan berbagi takjil gratis.

TRIBUN MEDAN/HO
DOKUMENTASI Dapur Ramadhan dalam membuat takjil yang akan dibagikan kepada masyarakat sekitar sungai Deli beberapa waktu lalu. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Ramadan menjadi momen untuk meningkatkan nilai keimanan seseorang serta saling berbagi kepada antarsesama umat beragama.

Melihat hal tersebut, Komunitas Sahabat Alam Sumatera Utara (Salam Sumut) berinisiatif dengan berbagi berkah buka puasa dengan menggagas Dapur Ramadhan.

Pendiri Salam Sumut, Lukman Hakim mengungkapkan bahwa Dapur Ramadhan ini sebagai wujud saling berbagi untuk masyarakat berbuka puasa dengan berbagi takjil gratis.

"Latar belakang diadakan Dapur Ramadhan ini karena setiap tahun kita rutin adakan program berbagi. Kalau tahun lalu kita adakan Ramadan Camp, karena tahun ini ada pandemi Covid-19, kita akhirnya menggagas dapur Ramadan untuk masyarakat tidak mampu yang menjalani puasa. Jadi kita berbagi takjil ke masyarakat," ungkap Lukman, Minggu (10/5/2020).

Lukman menjelaskan bahwa konsep dari Dapur Ramadhan ini, Salam Sumut menerima donasi dari teman-teman yang nantinya akan dimasak menjadi takjil berbuka.

"Konsepnya sederhana, kita ajak teman-teman dan masyarakat untuk berdonasi, lalu hasil dari donasi tersebut kita buat untuk masak bersama untuk menu takjil yang dibagikan ke musala, masjid, dan masyarakat yang membutuhkan," kata Lukman.

Dapur Ramadhan ini dibuka di basecamp Salam Sumut yang terletak di jalan Brigjen Katamso Gang Kesatria Lingkungan XII, Kelurahan Sei Mati, Medan Maimun.

Lestarikan Sungai Deli, Salam Sumut Dirikan Posko Jaga Sungai Deli

Pembagian takjil gratis melalui Dapur Ramadhan ini sudah berjalan selama tiga tahap dengan membagikan 100-200 porsi takjil setiap tahap pembagiannya kepada masyarakat pinggiran sungai Deli.

Lukman menuturkan bahwa Dapur Ramadhan dibuka setiap beberapa hari sekali sambil menunggu donasi terkumpul.

"Untuk kegiatannya beberapa hari sekali karena kita melakukan pembagian takjil dari swadaya masyarakat jadi kegiatan ini kita lakukan minimal tiga hari sekali sambil mengumpulkan donasi," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved