Breaking News:

Sengketa Pilkada Samosir Akan Diputus MK 18 Maret, Pendukung Vandiko-Martua Optimistis

Mahkamah Konstitusi (MK) akan memutuskan sengketa Pilkada Samosir 2020 pada pekan ini, tepatnya 18 Maret mendatang.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Juang Naibaho
Tangkap Layar
Screenshot sidang virtual sengketa Pilkada Samosir 2020 yang digelar Mahkamah Konstitusi, Rabu (27/1/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, PANGURURAN - Mahkamah Konstitusi (MK) akan memutuskan sengketa Pilkada Samosir 2020 pada pekan ini, tepatnya 18 Maret mendatang.

Jelang putusan MK, barisan pasangan Vandiko Gultom-Martua Sitanggang optimistisi gugatan bakal ditolak.

Juru bicara (Jubir) dan Tim Sukses Vandiko Gultom-Martua Sitanggang, Josmar Naibaho menyampaikan bahwa pihaknya akan menerima dengan lapang dada apa pun yang menjadi keputusan MK.

"Kita tadi baca di website resmi milik MK dan pengacara kita juga sudah terima. Tentunya kita masih menunggu putusan MK ya, apapun keputusannya tentu akan kita terima," ujar Josmar Naibaho saat dikonfirmasi Tribunmedan.id pada Senin (15/3/2021).

Baca juga: Menkes Budi Gunadi Sadikin: Sertifikat Vaksin Covid-19 Belum Bisa Jadi Syarat Naik Pesawat

Baca juga: Perut Buncit H (16) Dikira Kanker, Dibawa ke RS Hendak Operasi, Ternyata tak Sadar Dihamili Ayahnya

Kilas balik perihal persidangan sengketa di MK, ia yakin permohonan pasangan Rapidin Simbolon-Juang Sinaga bakal ditolak MK karena tidak sesuai fakta yang ada.

"Kita optimistis bahwa permohonan mereka itu (Rapidin Simbolon-Juang Sinaga) ditolak. Karena apa? Karena fakta persidangan tidak ada menunjukkan seperti apa yang mereka tuduhkan," sambung Josmar Naibaho.

Lebih lanjut, ia menguraikan beberapa permohonan pasangan rival mereka dalam persidangan MK soal sengketa pilkada tersebut.

"Misalnya, soal money politics, tidak ada bukti. Terus, ambang batasnya juga sampai 15 persen gitu kan," ujarnya.

"Tentang TSM itu, sejatinya ia sebagai petahana punya perangkat untuk itu. Dia punya akses komando, dia punya akses struktural di situ, dia kan petahana. Kita mana bisa sampai pada akses seperti itu," sambungnya.

Pasangan Balon Bupati-Wakil Bupati Samosir, Vandiko Gultom-Martua Sitanggang (Vantas) mendeklarasikan diri di Sianjur Mulamula, Samosir, Jumat (4/9/2020).
Pasangan Vandiko Gultom-Martua Sitanggang (Vantas) saat mendeklarasikan diri di Sianjur Mulamula, Samosir, Jumat (4/9/2020). (TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA)

Sebelumnya, Bawaslu Samosir telah memutuskan pengaduan terkait isu money politics yang disebut-sebut mencapai Rp 100 miliar di Pilkada Samosir 2020.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved